Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Yosni Herin Bakal Ciptakan Sejarah Baru Dalam Pentas Politik di Flores Timur

Yosni Herin Bakal Ciptakan Sejarah Baru Dalam Pentas Politik di Flores Timur

(9851 Views) May 22, 2016 1:15 am | Published by | 7 Comments
IMG_00000349

Yosep Lagadoni Herin, Bupati Flotim

LARANTUKA, aksiterkini.com – Bupati Flores Timur Yosep Lagadoni Herin, S.Sos diyakini bakal menciptakan sejarah baru dalam pentas politik di Flores Timur. Sebelumnya, ia sudah mencatatkan diri sebagai satu-satunya wakil bupati yang tembus menjadi bupati Flores Timur. Kedepan, diyakini Yosni Herin akan menciptakan sejarah sebagai orang pertama yang menjadi bupati dua periode.

Sejumlah kalangan yang ditemui aksiterkini.com di Larantuka menuturkan bahwa Flores Timur di bawah kepemimpinan Yosni Herin relatif aman dari gejolak politik yang berarti. Kalaupun terjadi konflik sosial, rata-rata merupakan konflik laten yang memang membutuhkan pendekatan yang menyeluruh. Seperti konflik tanah yang berujung perang tanding di beberapa wilayah. Menurut mereka, Bupati Yosni mampu melokalisir masalah sehingga tidak meluas dan berlarut-larut.

Mereka mengakui pula bahwa masih ada sekelompok orang yang memandang remeh kepemimpinan Yosni Herin, baik ketika memangku jabatan wakil bupati maupun saat menjadi bupati Flores Timur. Akan tetapi, menurut mereka, Yosni sudah menjalankan roda pemerintahan dengan sangat baik. Dia mampu menjaga keharmonisan hubungan antar elemen pemerintahan secara baik. “Hubungannya dengan Wakil Bupati Valkens Tukan tetap terjaga baik sampai sekarang, padahal Valens merupakan rival politiknya dalam Pilkada Flotim nantinya. Ini bukti bahwa dia tidak egois,” ucap Paulus, seorang warga Larantuka.

Mengenai pembangunan fisik, menurut para warga Kota Reinha, Yosni Herin sudah mampu membuka keterisolasian wilayah. “Contohnya, kami di Kawaliwu, Leworahang dan Waiklibang, Welo, semua sudah bagus. Hotmix mulus semua. Ini bukti keberhasilan pak Yosni,” Lorens, seorang warga Kawaliwu yang tinggal di Larantuka.

Menariknya lagi, menurut mereka, perhatian Yosni Herin terhadap pendidikan sangat luar biasa. Sekolah-sekolah swasta yang terseok-seok berhasil dinegerikan. “Ini merupakan cara untuk tetap menjaga keberlangsungan sekolah-sekolah di desa. Coba dari dulu dilakukan, mungkin sekarang kita tidak kesulitan lagi,” tutur mereka penuh syukur.

Tak habis disitu. Mereka menilai gagasan Yosni Herin untuk membantu modal usaha bagi warga masyarakat di pedesaan melalui program Gerbang Emas, telah banyak menumbuhkan ekonomi kreatif di kawasan perdesaan. “Bantuan modal usaha dari program Gerbang Emas sudah sangat membantu masyarakat di desa untuk mendirikan usaha tenun ikat, perbengkelan kayu, kios, peternakan ayam, babi, kambing dan lain sebagainya. Juga, nelayan-nelayan bisa membeli peralatan tangkap seperti pukat melalui program ini,” tandas Lorens.

Lebih lanjut mereka berharap agar elit politik di Flores Timur tidak menutup mata terhadap keberhasilan yang dicapai Yosni Herin. “Semua orang tentu punya kepentingan sendiri-sendiri dalam menilai kepemimpinan bupati, tapi jangan membohongi keadaan yang sesungguhnya di Flores Timur. Kabupaten ini merupakan satu dari empat kabupaten di NTT yang tidak lagi masuk kategori daerah tertinggal. Bukankah ini sebuah pencapaian yang bagus?” ujar mereka.

Mereka menyebut masalah air bersih yang belakangan ramai dipersoalkan. Menurut mereka, kesulitan air bersih baru dirasakan di Larantuka sekarang ini. “Kami yang di desa ini dulu juga tidak ada air pipa seperti di Larantuka. Tapi, sekarang air pipa sudah 24 jam keluar. Dan, di Larantuka itu kan karena keterbatasan debit air di Bama. Tapi pemerintah kan sedang berusaha untuk urus air dari Tanjung Bunga ke Larantuka,” kata mereka.

Untuk itu, mereka mengharapkan agar Yosni Herin bersedia memimpin kembali Flores Timur lima tahun kedepan. “Kami dengar Pak Yosni akan mengambil wakil bupati dari Larantuka. Kami usulkan agar Pak Yosni berpasangan dengan Wis Kean. Jika ini bisa terjadi, sangat besar kemungkinan Pak Yosni menciptakan sejarah sebagai bupati pertama yang dua kali memimpin Flores Timur,” ujar Lorens.

Selain Wis Kean, ada juga yang menyebut nama Marius Pati Payong. “Pak Marius juga figur yang cukup berpengalaman di pemerintahan dan sempat memimpin DPRD Flores Timur. Sehingga dia juga dapat diandalkan untuk memimpin Flores Timur,” ujar mereka.

Kendati begitu, mereka menyebut nama Wis Kean jauh lebih berpeluang, mengingat jumlah pemilih Larantuka dan sekitarnya yang cukup padat. “Adonara bagian barat lebih punya ikatan emosional dengan orang Solor dan kawasan Lebao. Jika ini diatur secara baik, sangat mungkin terjadi solidaritas masyarakat untuk memenangkan Yosni lagi. Masyarakat di wilayah Ile Mandiri dan Tanjung Bunga dan Lewolema cukup dekat dengan sosok Wis Kean dan Yosni Herin. Apalagi, masyarakat Lewolema dan Yosni Herin sudah seperti satu keluarga,” ujar Lorens.(fre)

Topik:
News:

7 Comments for Yosni Herin Bakal Ciptakan Sejarah Baru Dalam Pentas Politik di Flores Timur

  • ade bapa says:

    Ini mimpi jadi pahlawan tanpa perjuangan perubahan flores timur yang lebih baik. Regim ini harus diakhiri supaya ada perubahan flotim 2017 ke depan yang lebih bermartabat. Kita butuh pemimpin baru untuk flotim berubah…!

  • kmi mndukungmu dalam doa..Tuhan memberkati dan memilihmu untuk kepentingan umatnya

  • yudha says:

    Semoga niat baik menghasilkan hal yang baik. untuk itu tidak dapat dipungkiri bahwa Yosni Herin merupakan sosok santun bersahaja dan dapat melaksanakan niat sucinya untuk membangun lewotanah tercinta

  • Tidak terlepas dari kemampuan para pejabatnya dan pemimpin diatasnya mampu berelasi dengan pemerintah pusat

  • Kebetulan para pejabatnya sanggup berinteraksi, pimpinan diatasnya mampu merelasi dengan pemerinmtahan pusat.

  • Samon says:

    sudah saatnya pemimpin Flotim melanjutkan ke periode ke 2. agar apa yang menjadi rencana pembangunan 5 tahun sebelumnya, bisa diteruskan. bisa jadi salah satu faktor penghambat selama ini karena belum ada kepemimpinan selama dua periode. sehingga yang tertunda tidak dilanjutkan, tetapi terus dimulai dari awal. LANJUTKAN!

  • Romanus Sandu Ritan says:

    Bukan masalah air aja bro yg menghantui kota reinha dan sekitarnya.PLN juga.benar2 KAMPRET ini instansi pemerintah yg satu ini.dan yang paling gila,tempat2 hiburan plus-plus yg ada didekatnya air panas(oka)serta beberapa tempat “yang tersembunyi”kenapa gak dibasmi atau ditutup,,????Flores timur,khususnya LARANTUKA,orng lbh mengenal sebagai Kota Reinha Rosari.Kota Ziarah.pemerintah daerah harus ambil langkah tegas untuk menutup tempat maksiat tsb.gak usah takut siapa yg mem-bekingi tempt2 tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *