Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » YKS Bangun Rumah Kreatif Buruh Migran di Ile Ape

YKS Bangun Rumah Kreatif Buruh Migran di Ile Ape

(937 Views) May 14, 2016 1:11 pm | Published by | 1 Comment
Mans Balawala

Mans Balawala

TAGAWITI, aksiterkini.com — Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS)  bekerja sama dengan Keduatan Besar Australia melalui Direct Aid Program (DAP) membangun rumah kreatif untuk  komunitas buruh migran di tiga desa yang selama ini menjadi dampingan YKS. Ketiga desa itu masing-masing Desa Dulitukan, Tagawiti dan Beutaran di Kecamatan Ileape, Kabupaten Lembata.

Demikian  disampaikan Direktur YKS, Mansetus Balawala saat berlangsungnya acara sosialisasi program dan rencana pembangunan rumah kreatif  yang berlangsung  di Desa Tagawiti, Kecamatan Ileape,  belum lama ini. Dalam acara sosialisasi yang berlangsung sederhana dan penuh kekeluargaan itu, Balawala menegaskan bahwa  rumah kreatif yang  dibangun nanti  hendaknya menjadi pusat produksi, pengelolaan serta tempat pemasaran hasil usaha ekonomi produktif masing-masing kelompok, sekaligus sebagai taman baca dan tempat bermain anak-anak buruh migran.

Karena itu, Rumah kreatif yang hendak dibangun, akan dilengkapi dengan  fasilitas berupa perpustakaan, alat permainan edukatif (APE) dalam dan luar ruangan, juga peralatan audio visual  (TV dan VCD). Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak buruh migran akan  hiburan-hiburan yang mendidik, bahan bacaan dan alat permainan edukatif,” jelas Balawala.

Dengan dibangunnya rumah kretaif diharapkan menjadi motivasi bagi kelompok  untuk bisa lebih giat lagi dalam menjalankan usaha kelompoknya masing-masing agar bisa memberikan profit yang terus meningkat dari waktu ke waktu dan dapat membantu perekonomian keluaraga buruh migran.

Dalam pertemuan itu disepakati pula pembangunan rumah Kreatif dilakukan di atas lahan yang disiapkan masing-masing kelompok. “Karena ini bantuan untuk kelompok maka  akan lebih baik bila bangunan itu dilakukan di atas lahan milik kelompok karena nantinya akan menjadi aset kelompok,” jelas Balawala.

Kelompok juga menyepakati dana untuk pembangunan Rumah Kreatif akan diserahkan kepada kelompok melalui pendamping dari YKS dan selanjutnya kelompoklah yang akan mengelolanya dibawah pengawasan  YKS.

Di akhir kegiatan itu, Balawala berharap agar kepercayaan yang telah diberikan itu dimanfaatkan dengan bekerja sebaik mungkin dan sesuai dengan target waktu yang ditentukan. Dengan demikian bila kedepannya kelompok membutuhkan hal yang lain,  akan lebih banyak orang yang menaruh perhatian dan bersedia  memberikan bantuan. 

“Kita patut bersyukur dan berterima kasih karena ada bantuan semacam ini dari Kedutaan Australia melalui program DAP. Bantuan ini akan memperkuat usaha kelompok yang selama ini dilakukan dengan dampingan YKS melalui program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan (MAMPU).  Kedua program ini saling bersinergi  bersama. Karena itu, dengan bantuan ini kelompok harus semakin kuat  dan mandiri agar ketika program ini berakhir kelompok ini dapat terus berjalan sesuai harapan semua pihak,” harap  Balawala. (floresty)

1 Comment for YKS Bangun Rumah Kreatif Buruh Migran di Ile Ape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *