Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Yentji Sunur: Bukan Bupati dan Wakil Bupati Untuk Kelompok Tertentu

Yentji Sunur: Bukan Bupati dan Wakil Bupati Untuk Kelompok Tertentu

(904 Views) May 26, 2017 10:10 am | Published by | No comment

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur Wakil Bupati, Dr Thomas Ola Langoday. (Foto: Fince Bataona)

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur  menegaskan, sejak dilantik pada 22 Mei 2017 lalu, dirinya bersama Wakil Bupati, Dr Thomas Ola Langoday bukan menjadi bupati untuk kelompok tertentu saja melainkan seluruh masyarakat Lembata.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Sunur  dalam pidatonya pada sidang  Paripurna Istimewa  Penyampaian Pidato Sambutan Bupati Lembata di ruang sidang utama kantor DPRD Lembata, Jumat (26/5). tersebut dipimpin Ketua DPRD Lembata, Ferdinandus Koda, SE, yang didampingi Wakil Ketua Yohanes de Rosary dan Wakil Ketua Paulus Dolu dan dihadiri 17 anggota DPRD dari 25 anggota DPRD Lembata. Para kepala dinas, tokoh agama dan masyrakat termasuk mantan bupati dan wakil bupati Andreas Duli Manuk dan Andreas Nula Liliweri nampak hadir. Beberapa jam sebelumnya dilakukan serah terima jabatan dari Penjabat Bupati Lembata, Drs Sinun Petrus Manuk kepada Bupati Lembata periode 2017-2022.

Bupati Sunur mengakui meskipun pernah tidak sejalan dalam perbedaan orientasi politik dan hal lainnya namun hari ini  menjadi stimewa ketika hati saling menerima dan menyapa. “Dalam cincin kebersamaan, dalam satu semangat persaudaraan taan tou 100 persen for Lembata menjadi chane of Lembata Island untuk bersama membangun Leuauq-Lewotana satu Lembata, Satu NTT, Satu Indonesia,” ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.

Dikatakannya meski sudah banyak keberhasilan pembangunan yang dicapai namun harus diakui masih banyak hal yang belum maksimal dan sesuai dengan target pembangunan. “Karena itu saya berharap kita sekalian bekerja bersama-sama dalam frame tupokssi  kita ssebagai mitra kerja harmonis dan strategis mewujudkan kesejahteraan rakyat Lembata untuk jangka waktu pembangunan lima tahun ke depan,” ujarnya.

Ada enam isu utama yakni kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan, peran pemuda dan perempuan dalam pembangunan daerah serta sadar hukum, belum maksimal.  Soal, pembangunan infrastruktur, transportasi, air bersih, energi, komunikasi dan penataan kota, belum optimal.  Pemanfaatan ekonomi sumber daya laut dan kemaritiman serta ekonomi kreatif masih rendah. Pengembangan pariwisata, baru dimulai. Pendapatan daerah belum maksimal dan pengembangan ekonomi wilayah dan pembangunan pedesaan belum berorientasi industri. Serta penataan ASN dan Pendayagunaan SDM Aparatur belum efektif, efisien dan produktif.

Berdasarkan isu-isu tersebut, lanjut Sunur, bersama wakil bupati dirumuskan visi pembangunan daerah 2017-2022 yakni: Terwujudnya Lembata yang produktif dan berdaya saing untuk kesejahteraan rakyat berkelanjutan. Dengan misi:  Pertama, Peningkatan kualitas pendidikan dan pendekatan pelayanan kesehatan serta optimalisasi peran pemuda dan perempuan dalam pembangunan daaerah dan peningkatan sadar hukum masyarakat.

Kedua, Percepatan pembangunan infrastruktur, transportasi, air bersih, energi, komunikasi dan penataan kota. Ketiga, Percepatan pembangunan dan pengembangan sumber daya ekonomi laut dan maritim serta ekonomi kreatif berbasis industri dan pariwisata berkelanjutan.

Keempat, Percepatan pengembangan dan pembangunan pariwisata berkelanjutan. Kelima, Peningkatan pendapatan daerah dan pengembangan ekonomi wilayah dan pembangunan pedesaan berbasis industri berkelanjutan. Keenam, Penataan aparatur sipil negara dan pendayagunaan SDM berbasis IT. Tujuannya, agar Kabupaten Lembata menjadi kabupaten produktif dan berdaya saing, serta sektor pertanian, kelautan dan maritim serta pariwista memberikan kontrbusi terbesar pada peningkatan PAD, pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. (ona)

Topik:
News:

No comment for Yentji Sunur: Bukan Bupati dan Wakil Bupati Untuk Kelompok Tertentu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.