Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Workshop RPB Dan MAPI; Desa Pertanyakan Pemkab Titip Program Ke APBDes

Workshop RPB Dan MAPI; Desa Pertanyakan Pemkab Titip Program Ke APBDes

(129 Views) June 6, 2018 2:07 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Workshop perencanaan penganggaran Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dan Mitigasi Adaptasi Perubaham Iklim (MAPI) Berbasis Mayarakat yang diikuti seluruh kepala desa dan BPD sekabupaten Lembata juga beberapa OPD terkait, bertempat di pusat pendidikan Ankara, Selasa  (5/6/2018).

Terkait penanganan bencana di daerah-daerah tertinggal, Tim Kementerian Pedesaan Untuk Penanganan Daerah Tertentu menyampaikan bahwa harus ada sinergitas dari semua pemangku kepentingan mulai dari desa hingga tingkat kabupatan secara bersama. Selain itu, harus ada peningkatan kapasitas dalam penanganan PRB dan MAPI.

Salah satu tujuan kegiatan workshop ini adalah untuk mengoptimalkan peran kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tim penyusunan RKP Desa dalam menyusun atau mengoptimalkan dokumen perencanaan desa yang terintegrasi dengan upaya pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat.

Pada momen ini para peserta juga mempertanyakan tentang keadaan dana desa yang mana banyak OPD menitip program di desa dengan menggunakan dana desa, sebab banyak desa yang belum mengcover program yang dibebankan ke dalam APBDes.

Mengenai permasalahan tersebut, tim dari BPMDes tingkat kabupaten menyampaikan bahwa hal ini sebenarnya tidak boleh. Akan tetapi harus dilihat dulu berdasarkan kewenangan. “Sebaiknya harus berkoordinasi dan melihat kegiatan apakah sesuai dengan kewenangan atau tidak?”

Mengenai prosedur dalam mengatasi dan mengurangi resiko bencana dan perubahan iklim di Lembata, Risnawati, SE. M.Si menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa bantuan dari Kemendes itu memang ada. “Bantuan untuk bencana maupun pasca bencana untuk daerah tertentu itu ada, harus disampaikan melalui pemda dengan proposal agar dipertimbangkan berdasarkan kewenangan Kemendes. Tetapi kita juga butuh data pasti dari desa,” tegas Risnawati.

Sementara itu, tim Kemendes, Hadi menambahkan juga bahwa terkait dengan bantuan untuk bencana ini belum tuntas karena masih diproses karena merupakan dana APBN sehingga tidak bisa dikalkulasikan.

Semua ini, menurut Hadi, nanti diatur oleh kementrian keuangaan dengan tidak mengabaikan target output yang direncanakan. (sius leumolong)

No comment for Workshop RPB Dan MAPI; Desa Pertanyakan Pemkab Titip Program Ke APBDes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.