Menu Click to open Menus
Home » NASIONAL » Wagub Litelnony, Buka Raida VI di Lembata

Wagub Litelnony, Buka Raida VI di Lembata

(570 Views) July 29, 2017 3:44 am | Published by | 1 Comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Benny Litelnony, Jumad (28/7/2017), membuka secara resmi kegiatan Raimuna Daerah (Raida) VI di Lembata, tepatnya di Bumi Perkemahan, Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan. Kegiatan yag sebenarnya dimulai tepat pukul 08.00 WITA, molor karena menunggu Litelnony yang masih berlayar dari Larantuka menggunakan kapal cepat.

Peserta dan juga undangan serta masyarakat yang sempat hadir, nampak gerah dalam penantian, apalagi terik yang menyengat. Penantian pun berujung. Litelnony didampingi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTT, Lusia Adinda Leburaya, Kadis PPO Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk, Bupati dan Wakil Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur dan Thomas Ola Langoday, dan rombongan Forkompinda kabupaten tiba di lokasi kegiatan.  Rombongan disambut dengan ritual adat dan diiringi oleh marching band SMA Katolik Frateran Don Bosko Lewoleba dan tarian selamat datang dari Sumba Tengah.

Dalam laporannnya, Ketua Panitia Yos Pangkur, menjelaskan bahwa Raida ini merupakan Raida ke enam. “Ramuna Daerah (raida), yang diselengagarakan di Lembata ini merupakan Raida ke 6. Yang berlangsuang dari tanggal 27 Juli-01 Agustus 2017, dengan tema kegiatan “Semangat Muda, Bangun Asa, Wariskan yang terbaik untuk Bumi Flobamorata”, dan slogan kegiatan, “Baleo-Kibar (Baleo: berkharakter dan lebih optimis, Kibar: kreatif, inovatif, berkharakter),” jelas Pangkur.

Ketua Kwarda NTT, Lusia Adinda Lebura dalam sambutannya mewakilli Ketua Kwarnas mengingatkan, akan pentingnya pendidikan kharakter bagi genarasi muda, dengan melihat situasi global yang semakin menantang ini.

“Pendidikan kharakter itu sangat penting  bagi generasi muda. Generasi muda harus memiliki kharakter yang baik. Harus juga berjiwa nasionalis. Nah, wadah paramuka ini menjawab semua tantangan itu. Dalam pramuka, kita dilatih untuk menjadi kaum muda yang kreatif, berkharakter, berjiwa inovatif.  Kita juga dilatih menjadi pemimpin. Karena pemimpin itu dibentuk dalam proses. Terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Lembata, yang telah berkerja keras untuk menyukseskan raida VI ini,” jelas Adinda.

Litelnony, dalam sambutan membuka kegiaan menyampaikan bahwa, penyelenggaraan Raida ke- VI ini merupakan program kerja Kwarda Gerakan Pramuka NTT tahun 2017.

“Raida ke 6 ini merupakan, program kwarda gerakan pramuka NTT. Setelah dari raida ini,  tanggal 1 Agustus 2017 nanti, kontingen, akan diberangkatkan mengikuti Ramuna Nasional di Cibubur, Jakarta,” jelas Litelnony.

Dirinya mengharapkan, agar melalui gerakan pramuka ini, dapat membentuk pribadi remaja, lebih kreatif dan mandiri.

“Kepramukaan juga merupakan sebuah sistem pendidikan kepanduan, yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Untuk itu, saya mengajak seluruh peserta raida, untuk terus menanamkan nilai-nilai moral, sehingga bisa membedakan mana prilaku yang bauk dan mana yang bertentangan dengan, agama, peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, ” ujar Litelnony.(yosy/ona/yurgo)

1 Comment for Wagub Litelnony, Buka Raida VI di Lembata

  • Longginus Tokan says:

    Pa Petrus S Manuk sekarang jadi Kadis Kebudayaan Prov NTT. Kadis Pendidikan Prov NTT sekrng itu Ibu Johanna Lisapaly. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.