Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Wabup Langoday: Garam Yodium Jadi Inovasi Desa

Wabup Langoday: Garam Yodium Jadi Inovasi Desa

(294 Views) March 18, 2018 10:07 am | Published by | 1 Comment

Wabup Thomas Ola Langoday berjabat tangan dengan Direktur Barakat, Benediktus Bedil seusai melaunching Garam Ile Ape. (foto: san taum)

TOKOJAENG, aksiterkini.com – Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langodai, SE, MSi mendorong inovasi pemerintah Desa di seluruh Lembata guna memastikan kebutuhan garam di Lembata dipasok dari desa. Wakil  Bupati mengajak, inovasi yang sama harus ditunjukan warga desa lain yang memprodukai garam yodium berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lembata,  Thomas Ola Langoday saat meluncurkan garam beryodium yang diproduksi warga Desa Lamatokan,  Kecamatan Ile Ape,  Kabupaten Lembata.

“Peluncuran garam produksi Desa Lamatokan ini menjadi cambuk bagi Desa-desa lain di Ile Ape dan Ile Ape Timur.  Sebab daerah ini menurut penelitian Unwira Kupang,  sangat cocok untuk produksi garam.  Kalau semua Desa memproduksi minimal 20 ton per bulan, maka kebutuhan garam di daerah ini bisa terpenuhi,” ujar Wabup Langoday.

Sementara itu,  Direktur Barakat (Lembaga Pengembangan Masyarakat Lembata) Benediktus Bedil menjelaskan,  produksi garam yodium yang digagas lembaganya,  bekerjasama dengan LPPM Universitas Widya Mandira Kupang,  serta BP3TKI dijadikan momentum kembalinya kearifan lokal setempat yang hilang sejak 1950. Padahal, menurut Bedil, membuat garam di Desa Lamatokan,  adalah profesi yang telah menghidupkan warga setempat.

Menurut Bedil,  budidaya garam yang dilakukan warga setempat dengan menggunakan teknologi sederhana,  yakni memasak air laut menjadi garam beryodium.

Ditargetkan,  lima Desa di Ile Ape masing-masing memproduksi 133 kg garam,  maka sudah ada 20 ton garam diproduksi dalam sehari. 1 kg garam dihargai  1500 rupiah,  maka dalam setahun ada 300 juta rupiah uang yang menjadi milik warga.(san taum)

1 Comment for Wabup Langoday: Garam Yodium Jadi Inovasi Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *