Menu Click to open Menus
Home » NASIONAL » Video Renungan “1000 Lilin Adelina” Pastor Paroki Wangatoa Viral Di Medsos

Video Renungan “1000 Lilin Adelina” Pastor Paroki Wangatoa Viral Di Medsos

(356 Views) February 27, 2018 8:39 am | Published by | No comment

Pastor Paroki Kristus Raja Wangatoa, Romo Wenceslaus Herin, Pr ketika menyampaikan renungan pada malam 1000 lilin untuk Adeline di halaman gereja Kristus Raja Wangatoa, Lewoleba, Lembata, NTT. (foto: Clara Wahon)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Aksi 1000 lilin yang digelar Dewan Pastoral Paroki Kristus Raja Wangatoa (DPP KRW) untuk Adelina Lisau, TKI korban penganiayaan di Penang, Malaysia, ternyata benar-benar memantik simpati berbagai kalangan. Rekaman video renungan yang dibawakan Pastor Paroki Kristus Raja Wangatoa, Romo Wenceslaus Herin, Pr viral di media social facebook. Ribuan facebooker menonton rekaman video renungan itu dan member apresiasi positif.

Hingga pukul 15.47 Wita, Selasa (27/2), rekaman video yang dibagikan ke Grup Keluarga Katolik Sejati sudah terlihat 5.281 tayangan. Sejak diupload Minggu (25/2) malam, oleh akun Freddy Wahon, rekaman video ini sudah 122 kali dibagikan oleh nitizen. Sehingga, akan lebih banyak lagi yang menonton rekaman video tersebut.

Freddy Wahon membuat rekaman video saat DPP Kristus Raja Wangatoa menggelar aksi 1000 lilin untuk Adelina Lisau, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), asal Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan yang disiksa majikannya di Malaysia hingga menginggal dunia, Senin (12/2/2018) lalu. Lebih dari 1000 umat katolik setempat mengikuti acara ini. Bahkan, sebagian umat meneteskan air mata karena terharu dengan kisah Adelina yang dianiaya hingga meregang nyawa ditemani anjing piaraan majikannya.

Sebagian besar facebooker hanya menuliskan “amin” pada kolom komentar. Tapi, ada juga yang mendoakan semoga arwah Adelina Lisau diterima di Sorga. “Semoga arwahnya damai bersama Kristus di Surga. Untuk orang yang menganiaya serahkan saja pada HAKIM DI ATAS HAKIM yang mengadilinya. Amin,” tulis akun facebook Kusrijati Caecilia Macu.

Akun Adriana Nono menuliskan, “Amin. Tuhan sambutlah jiwa Sodara kami Adelina di dalam kemah abadiMu di rumahMU yang kekal. Jadikanlah dia pendoa bagi kami semua… dan biarlah Engkau sendiri saja Tuhan yang menghakimi kejahatan majikan yang menyiksa Adelina karena nyawa manusia ciptaanMu berharga di mataMu Tuhan.”

Akun Quintin Caroline menulis, “Di Sorga tiada sengsara, hidup damai di sana adik Adelina.”

Umat yang mengikuti acara 1000 lilin untuk Adelina Lisau di halaman gereja Kristus Raja Wangatoa tampak khusyuk menyalakan lilinnya. (foto: Clara Wahon)

Begitu juga dengan akun Anafina Biloro mendoakan keselamatan Adelina. “Semoga Adelina beristirahat dengan damai bersama Allah Bapa kita di Surga,” tulis Anafina Biloro. Hal yang sama dituliskan akun Mariani Dolok Saribiu.

Ada juga beberapa TKI perempuan di Hongkong yang menyampaikan ucapan dukacita melalui facebook kepada keluarga Adelina Lisau. TKI di Hongkong malah menggelar aksi solidaritas atas kasus Adeline. Romo Hari dari Hongkong menyampaikan bahwa aksi yang dilakukan TKW di Hongkong dilakukan tidak hanya untuk Adelina di NTT, tapi juga untuk seluruh buruh migran korban kekerasan di seluruh dunia. Mereka meminta perhatian pemerintah Indonesia dan pemerintah Negara tujuan buruh migrant agar tidak terjadi lagi kasus serupa.

Mengomentari viralnya video rekaman renungan Pastor Paroki Kristus Raja Wangatoa, Sekretaris 2 DPP Kristus Raja, Challem Mudapue kembali mengajak segenap komponen bangsa agar terus mengingatkan para pihak untuk senantiasa peduli terhadap kasus perdagangan manusia (trafficking) dan kekerasan terhadap buruh migrant.

Mudapue yang juga anggota seksi Komunikasi  Sosial (Komsos) DPP Kristus Raja, bersama wakil ketua seksi Pastoral Buruh Migran, Elias Keluli Making sependapat, mendesak pihak Polda NTT segera menangani kasus Adelina secara sungguh-sungguh. “Viralnya renungan pastor itu menunjukkan kuatnya isu kekerasan terhadap perempuan buruh migran. Aparat penegak hukum harus serius menangani masalah ini sampai ke akar-akarnya,” tandas ketua Seksi Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan DPP Kristus Raja Wangatoa, Freddy Wahon.

Ketiga senada menghimbau pemerintah agar meninjak perusahaan pengerah tenaga kerja yang mengirim Adelina ke Malaysia. “Ada yang tidak beres dalam perekrutan tenaga kerja itu harus ditindak. Bila perlu ijin usaha perusahaan pengerah tenaga kerja itu dicabut,” tegas Freddy Wahon.(at01)

No comment for Video Renungan “1000 Lilin Adelina” Pastor Paroki Wangatoa Viral Di Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.