Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Valens Tukan Daftar Cabup di PKPI Flotim

Valens Tukan Daftar Cabup di PKPI Flotim

(1118 Views) April 18, 2016 2:35 pm | Published by | No comment
Wabup Valens PKPI(1)

Valens Tukan, Balon Bupati Flotim

LARANTUKA, aksiterkini.com—Wakil Bupati Flores Timur, Valentinus S. Tukan, Senin (18/4/2016) sore tepat pukul 15.30 Wita mendaftarkan diri menjadi Calon Bupati periode 2017-2022 pada panitia pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sehingga Valens Tukan sudah mendaftarkan diri pada empat partai politik.

Tiga partai lainnya yang sudah dilamar Valens Tukan adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Nasdem. Sebelum datang ke PKPI, Valens Tukan lebih dulu menyambangi sekretariat Partai Golkar. Sedangkan, PDI Perjuangan dan Nasdem sudah terlebih dahulu dilamar.

Saat mendatangi Sekretariat Pendaftaran PKP Indonesia Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Flores Timur di rumah kediaman Ketua Panitia Pendaftaran, Petrus P. Tadon Kedang, kelurahan Waibalun, Valens Tukan hanya ditemani 3 (tiga) orang tim suksesnya. Mereka menggunakan kendaraan pribadi dan langsung disambut ketua panitia didampingi Sekretaris Panitia sekaligus Sekretaris DPK PKP Indonesia Flotim, Emanuel B. Namang yang langsung meminta utusan tim menuju ke meja pendaftaran. Sedangkan Valens Tukan diajak Ketua Panitia, Tadon Kedang bercakap di pendopo dalam suasana kekeluargaan.

Di sela-sela percakapan mereka, kepada aksiterkini.com yang memantau langsung proses pendaftaran tersebut, Valens Tukan yang masih menjabat Wakil Bupati Flotim, menyatakan bahwa dirinya beberapa jam sebelum berkunjung ke PKP Indonesia, telah mendaftar di Partai Golkar.

Sebagai incumbent, dia mengaku sangat sadar bahwa pembangunan perlu mendapat dukungan dari semua kalangan. Dikatakan, pemda sangat membutuhkan dukungan dari kalangan legislatif yang kuat demi Flotim yang lebih baik, selain hubungan vertikal yang harmonis.

“Dalam kedudukan saya sebagai Wakil Bupati, sekaligus anak Lewotana, saya punya semangat, niat dan komitmen untuk buat FloresTimur lebih baik. Kemudian dalam kaitan dengan partai-partai, saya menyadari betul didalam penyelenggaraan pemerintahan itu, sangat berhasil kalau memang ada komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif, selain hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Hubungan-hubungan itu yang perlu kita jaga. Dengan pemikiran demikian itu, jika lebih banyak partai yang mendukung kita, berarti itu suatu kekuatan besar dalam kaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan. Itu yang menjadi prinsip saya,” ungkap Valens Tukan.

Dia pun mengakui pentingnya partai-partai gurem. “Mungkin pada kondisi sekarang mereka (partai-partai gurem) tidak mendukung saya, mereka harus mendukung yang lain, tetapi bagaimanapun ketika hubungan baik ini sudah dibangun, maka ketika saya bisa lolos, partai-partai kecil ini bisa diajak bersama membangun kekuatan yang solid dalam pemerintahan,” ujarnya.

Valens Tukan menolak anggapan bahwa saat ini hubungan eksekutif dan legislatif kurang harmonis. Ya,  “Soalnya bukan pada hubungan yang kurang baik. Tetapi saya melihat perlu adanya penekanan-penekanan dalam kaitan dengan hubungan antara legislatif dan eksekutif. Sehingga dari awal saya tidak mau mengambil keputusan melalui jalur independen atau bekerja sendiri. Saya lebih senang jika lebih banyak partai mendukung,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pendaftaran PKPI Flotim, Petrus P. Tadon Kedang mengapresiasi pendaftaran Valens Tukan kendati partainya hanya memiliki dua kursi di DPRD Flotim. Dia menegaskan bahwa partainya berupaya untuk terlibat aktif guna memenangkan suksesi 2017.

“Yang menang haruslah rakyat Flores Timur, dan PKP Indonesia  harus ada dalam kemenangan itu. Oleh karenanya, menjadi tanggung jawab partai apabila pintu partai telah dibuka untuk putra-putri terbaik Flores Timur yang sudah mendaftar, untuk melihat reaksi dan tanggapan masyarakat terhadap figur yang dimaksud. Maka partai juga berkewajiban untuk turut mensosialisasikan figur-figur yang telah mendaftar di partai,” ujar Tadon Kedang.

Dikatakan, PKPI bisa melakukan sendiri sosialisasi atau terlibat bersama tim sukses bakal calon. Karena partai ingin hadir bersama untuk memantau, menyaksikan secara langsung tanggapan masyarakat terhadap figur bakal calon.

“Ini dilakukan dalam rangka partai nanti melakukan koordinasi dengan partai lain dalam membangun koalisi untuk mencari figur terbaik guna membangun Flotim. Dasar pijaknya seperti itu. Kita tidak hanya mengandalkan survey. Karena prinsipnya survey itu kan, hanya melihat tingkat popularitas calon tanpa melihat kualitas figur,” terang mantan anggota DPRD Flotim dua periode itu.

Atas prinsip partai yang akan ditempuh untuk penjaringan balon dari PKP Indonesia, Valentinus Tukan merasa sejalan. Menurutnya, ketika ia telah mendaftar di partai, maka ia harus memiliki komitmen yang sama seperti prinsip partai untuk saling bekerjasama dan mesti optimis.

“Saya mengucapkan terima kasih karena telah menerima saya di partai ini. Bahwa proses masih terus berjalan dan semuanya masih dalam tanda tanya. Meskipun ada yang mengatakan bahwa dia kuat, tapi itu yang dia katakan bukan masyarakat yang mengatakan. Sebagai incumbent, saya juga menyadari bahwa segala macam kegiatan pembangunan yang kita harapkan ini dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat, itu memerlukan perjuangan yang tidak pernah selesai, berjalan terus. Maka harapan kedepan itu perlu sinerji yang baik antara seluruh komponen masyarakat agar terjadi kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif,” pungkas Valens Tukan.(frank lamanepa)

Topik:
News:

No comment for Valens Tukan Daftar Cabup di PKPI Flotim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.