Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Uskup Fransiskus Resmikan SMA Agama Katolik Santu Yakobus Rasul Lewoleba

Uskup Fransiskus Resmikan SMA Agama Katolik Santu Yakobus Rasul Lewoleba

(960 Views) May 17, 2017 1:31 am | Published by | 2 Comments

LEWOLEBA,aksiterkini.com Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung, PR, Sabtu (13/5/2017), meresmikan SMA Agama Katolik St. Yakobus Rasul Lewoleba, Lembata. Peresmian dilakukan dalam perayaan ekaristi.

Hadir dalam misa syukur peresmian sekolah itu, penjabat bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk, Sekda Petrus Toda Atawolo, Kadis PKO Kabupaten Lembata, Zakarias Paun, Vikjen Keuskupsn Larantuka, RD. Gabriel Unto PR, Romo Deken, Rm. Sinyo da Gomes, Ketua Yayasan Berkat SabdaMu, Yakobus Kia, para guru, staf, orang tua siswa, undangan dan juga para peserta didik.

Uskup Frans dalam khotbahnya mengatakan bahwa peresmian sekolah ini bertepatan dengan peringatan 100 tahun penampakan Bunda Maria kepada 3 (tiga anak) di Fatima.

“Peresmian SMAAK Yakobus hari ini, bertepatan juga dengan peringatan 100 tahun penampakan Bunda Maria kepada tiga anak di Fatima. Nah, bagaimana dengan kita? Kita harapkan di sekolah ini, di atas bukit ini, kiranya muncul juga penampakan-penampakan yang memberikan kontribusi buat daerah, bangsa dan negara,” tandas Uskup Fransiskus.

“Tentang penjala manusia dalam bacaan injil, kita ditantang, dengan sarana sekolah yang ada ini, yang lebih baik, mampu tidak kita menjadi penjala manusia. Mampu tidak kita bertolak ketepat yang lebih dalam?” sambung Monsigneur Fransiskus.

Yakobus Kia, ketua Yayasan Berkat SabdaMu, dalam sambutannya menjelaskan bahwa thema misa pemberkatan sekolah ini adalah bertolaklah ke tempat yang lebih dalam.

“Thema misa syukur pemberkatan dan peresmian sekolah ini adalah bertolaklah ke tempat yang lebih dalam,” jelas Kia.

Lebih lanjut Kia menjelaskan bahwa perjalanan sekolah yang didirikannya ini kadang mulus namun kadang juga harus mendaki di antara kerikil-kerikil.

“Memang harus diakui banyak sekali tantangan dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah ini. Berat memang, namun saya yakin banyak Simon dari Kirene dan wanita-wanita Yerusalem yang siap dan sabar dan selalu senyum menghadapi semuanya,” ujarnya.

“Bapak Uskup selalu tanya, apakah sudah jalan atau belum. Bapak uskup beri rekomendasi tahun 2012. Ijin operasional keluar tahun 2013 oleh bupati Lembata. Syukurlah, 12 siswa pertama, dengan uang sekolah 500.000 per tahun. Sekarang murid sudah 195. Dan, 48 siswa tamat tahun ini. Dan 5 siswa masuk biara, satu siswa masuk suster. Pelajaran tambahan di sekolah ini seperti di seminari-seminari. Musik liturgi, kitab suci, dan ajaran sosial gereja. Karena masih baru, maka kami sangat membutuhkan bantuan dari berbangga,” jelas Kia.

Sementara itu, Penjabat bupati Sinun Petrus Manuk, dalam sambutaanya, menjanjikan akan memberikan bantuan laboratorium di SMA Agama Katolik St. Yakobus Rasul Lewoleba.

“Proficiat ya buat SMA Agama Katolik St. Yakobus Rasul, yang hari ini diberkati dan diresmikan langsung oleh Yang Mulia, Bapak Uskup. Saya berusaha untuk membantu sekolah ini, kita bangun laboraturium, setelah saya kembali ke Kupang saya akan usahakan, melalui dana DAK,” jelas Kadis PPO Provinsi NTT ini.(yosi kares)

Topik: ,
News: ,

2 Comments for Uskup Fransiskus Resmikan SMA Agama Katolik Santu Yakobus Rasul Lewoleba

  • beatrix tapoona says:

    Proficiat untuk Lembata, Proficiat juga buat Pak Jack. Maju terus Lembata.

  • rifai mukin says:

    Sekolah berciri khas agama adalah sekolah yang nantinya dapat menjadikan manusia yang imtag dan imtek lebih unggul dari sma non agama. Suatu kebanggaan bahwa saat ini kita sedang mengalami krisis mental yang sangat komplek lahirlah SMA Agama Katolik yang tentunya mempunyai ciri khas yaitu Iman Katolik yang terbuka,universal, dan menerima berbagai perubahan. Smoga sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.