Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Bagi Anak Kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Bagi Anak Kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga

(92 Views) December 6, 2017 9:33 pm | Published by | No comment

Oleh: Palang Hada Yustina

NIP.19640711 198703 3 015

 

Salah satu konsep matematika yang paling penting dipelajari anak adalah pengembangan kepekaan bilangan. Peka terhadap bilangan berarti tidak sekedar menghitung. Kepekaan bilangan mencakup pengembangan rasa kuantitas dan pemahaman kesesuaian satu lawan satu. Ketika kepekaan terhadap bilangan, anak berkembang, mereka menjadi semakin tertarik pada hitung menghitung. Menghitung itu menjadi landasan bagi pekerjaan dini anak dengan bilangan.

Dalam pembelajaran pengenalan lambang bilangan bagi anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga menarik untuk dicermati. Masalah itu dikategorikan dalam dua kelompok yaitu masalah yang berkaitan dengan guru dan masalah yang berkaitan dengan anak. Masalah yang berkaitan dengan guru adalah pengginaan metode dan penggunaan alat peraga yag tidak tepat dan pengajaran yang bersifat satu arah. Secara kultural hubungan guru dan siswa berwatak hirarkis, dimana guru dipandang sebagai pemegang sejumlah pengetahuan dan kebenaran yang siap ditranfer kepada muri yang dianggap tidak tahu apa-apa.

Pendidik yang profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengamati anak, baik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun pendidikan yang lebih lanjut. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional seorang pendidik PAUD harus menguasai kompetensi yang dipersyaratkan serta dengan tabah dan sabar, penuh kasih sayang dalam menghadapi situasi anak yang berlainan watak dan karakter yang berbeda. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengemabangan sumber daya manusi sebagai prioritas pembangunan Nasional, maka kedudukan dan peran pendidik PAUD semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era globalisasi.

Banyak usaha yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kemampuan belajar anak. Ada banyak metode dan media alat peraga yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Salah satu media yang dikembangkan dalam pembelajaran pengenalan lambang bilangan pada anak kelopok A TK Negeri I Tanjung Bunga adalah penggunaan alat peraga berupa kartu bilangan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam pembelajaran pengenalan lambang bilangan menunjukkan bahwa anak yang mampumengenal lambang bilangan adalah sebanyak 5 orang anak dengan prosentase 33,33%. Sdangkan jumlah anak yang belum mampu mengenal lambang bilangan sebanyak 10 orang anak dengan prosentase 66,67%. Melihat hasil yang dicapai anak pada pembelajaran yang dilaksanakan setiap pertemuan maka untk mengoptimalkan pembelajaran pengenalan lambang bilanagan di kelompok A TK Negeri Tanjung Bunga perlu adanya perbaikan pembelajaran. Pembelajaran yang terkesan lambat dan tidak melibatkan anak membuat anak semakin segan terhadap guru yang merupakan pemilik sejumlah ilmu pengetahuan. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap perkemabangan psikomotorik, afektif dan kognitif anak.

Melihat kenyataan tersebut di atas sebagai guru harus bisa tanggap terhadap situasi anak. Hasil yang ditunjukkan oleh anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga membuktukan bahwa guru harus berusaha agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan baik dan anak juga mengenal lambang bilangan dengan benar. Salah satu cara yang paling tepat adalah menggunakan media pembelajaran kartu bilangan. Berdasarkan uraian di atas penulis melakukan sebuah perbaikan pembelajaran dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengn Menggunakan Media Kartu Bilangan Bagi Anak Kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga.”

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga melalui penggunaan media kartu bilangan?” Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan dengan menggunakan media kartu bilangan pada anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga. Manfaat penelitian ini diharapkan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi : (1) Anak; Anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga lebih termotivasi terhadap pembelajaran tentang mengenal lambang bilangan. Anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga lebih meningkatkan hasil belajarnya tentang mengenal lambang bilangan. (2) Guru; Memberikan umpan balik dan dasar perbaikan pembelajaran dan guru dapat menerapkan media kartu bilangan dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak.(3) Sekolah ; Meningkatkan pebelajaan di sekolah tersebut. Kepala sekolah dapat menghimbau kepada guru kelas dlam kaitannya dengan pembekajran tentang mengenal lambang bilangan dalam meningkatkan hasil belajar anak. (4) Peneliti ; Sebagai bahan masukan bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan penelitian yang lebih baik dengan memperhatikan kelemahan yang ada pada penelitian ini.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan judul Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Bagi Anak Kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga. Lokasi Penelitian ini adalah TK Negeri I Tanjung Bunga. Desa Ratu LodongKecamatan Tanjung BungaKabupaten Flores Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2016/2017 tepatnya pada bulan Maret sampai dengan April 2017. Subjek yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah anak – anak kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga Tahun Ajaran 2016/2017, yang berusia 4 – 5 tahun, dengan jumlah anak sebanyak 15 orang, yang terdiri atas 11 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sekurang-kurangnya dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yang diuraikan sebagai berikut : Perencanaan; Menyusun  Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH). Menyiapkan Media Pembelajaran/Alat Peraga. Menyiapkan Lembaran Observasi. Pelaksanaan; Kegiatan awal meliputi ; doa dan salam. Mengucapkan tata tertib kelas. Absensi Kelas. Menanyakan situasi anak. Menyampaikan tema dan sub tema. Mengolah Tubuh (Olahraga).

Kegiatan inti mencakup ; Mengamati. Menanya. Mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Selanjutnya dilaksanakan  tiga jenis kegiatan pada masing – masing tiga kelompok anak dengan jenis kegiatannya berbeda dan akan berputar sehingga setiap anak dapat melaksanakan tiga jenis kegiatan pembelajaran yang sudah disusun pada RPPH. Kegiatan Penutup meliputi;  Diskusi tentang kegiatan sehari – hari. Membereskan kelas dan merapihkan pakaian. Pesanan / pemberian tugas rumah. Doa dan salam. Tahapan Observasi ; Guru peneliti melakukan pengamatan penggunaan Media Kartu Bilangan dan keaktifan belajar anak dan guru menilai kemampuan anak mengenal angka. Tahapan refleksi; Untuk mengetahui dan membahas kekurangan atau kelemahan yang dialami dalam pembelajaran siklus I agar dapat diperbaiki dan ditindaklanjuti pada siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian ini adalah  observasi yaitu melaksanakan pengamatan terhadap kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar anak dengan menggunakan lembar observasi. Evaluasi yaitu mengadakan penilaian terhadap kemampuan anak mengenal angka dengan menggunakan tes kinerja. Analisis Data; Data yang telah diperoleh, baik melalui observasi maupun evaluasi dapat di analisis dengan teknik deskriptif melalui perhitungan presentase. Rumus yang digunakan adalah :

   (Sudjono 2007)

Keterangan :

P = Presentase yang dicari

f = Frekuensi

n = Jumlah Anak

Indikator Keberhasilan; Kemampuan anak mengenal angka dapat dikategorikan sebagai berikut :

  1. Berkembang Sangat Baik = BSB ( **** )
  2. Berkembang Sesuai Harapan = BSH ( *** )
  3. Mulai Berkembang = MB ( ** )
  4. Belum Berkembang = BB ( * )

 PEMBAHASAN

Atas dasar hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus III terungkap bahwa penerapan media kartu angka sangat cocok dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan. Oleh karena itu dalam setiap pembelajaran dengan menggunakan media kartu angka harus dilakukan secara berulang-ulang, dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak, mempersiapkan lingkungan yang kondusif, serta menyiapkan media atau alat permainan edukatif (APE) yang menarik, agar dapat merangsang minat dan perhatian anak untuk belajar.

Penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak memasang kartu bilangan sesuai jumlah gambar yang ditampilkan. Sesuai perbandingan hasil pembelajaran siklus I dan siklus II terlihat dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memasang angka melalui penggunaan media kartu angka di taman kanak-Kanak Negeri I Tanjung Bunga dimana siklus I hanya 2 orang anak (13,33%) memiliki kemampuan memasang angka pada gambar berkembang sangat baik. 7 orang anank (46,67%) mempunyai kemampuan memasang angka pada gambar sudah berkemabng sesuai dengan harapan, 4 orang anak (26,67%) memiliki kemampuan memasang angka pada gambar baru mulai berkembang, sedangkan 2 orang anak (13,33%) memiliki kemampuan memasang angka pada gambar yang masih belum berkembang.

Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan prosentase jumlah anak yang memiliki kemampuan memasang angka pada gambar yang telahberkemabng baik yaitu 8 orang anan (53,33%), 5 orang anak (33,33%) memiliki kemampuan memasang angka pada gambar yang sudah berkembang sesuai dengan harapan, 2 orang anak (13,33%) memiliki kemampuan memasang angka pada gambar baru mulai berkembang, dan tidak ada anak yang masih belum berkemabng kemampuannya memasang angka pada gambar. Hal ini berarti jumlah dan prosentase anak yang mampu memasang angka pada gambar secara baik (BSB dan BSH) dengan menggunakan angka 1-5 mengalami peningkatan dari siklus I, 9 (60%) orang anak menjadi 13 (86,67%) orang anak pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 26,67% pada siklus I. Jadi dapat dikatakan bahwa penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan memasang angka pada gambar anak TKK Negeri I Tanjung Bunga. Dalam menggunakan media kartu angka guru perlu ; (1) menyiapkan kartu berwarna yang menarik, (2) menyiapkan gambar-gambar yang dapat meberikan motivasi untuk menarik minat dan perhatian anak. (3) membimbing anak dalam mengelompokkan jumlah sesuai angka yang telah ditentukan, dilakukan berulang kali dengan sabar.

KESIMPULAN

Bertitik tolak pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bagian terdahulu, maka dapat dikemukakan simpulan penelitian ini sebagai berikut ; penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak memasang kartu angka sesuai dengan jumlah gamabr yang diamati anak TK Negeri I Tanjung Bunga. Dari hasil pelaksanaan siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar sebesar 60% dan pada akhir pembelajaran siklus II dicapai tingkat ketuntasan belajar sebesar 86,67%. Dengan demikian terjadi peninglkatan 26,67%.

Dalam menggunakan media kartu angka guru perlu : (1) menyiapkan kartu berwarna yang menarik, (2) menyiapkan gambar-gambar yang dapat meberikan motivasi untuk menarik minat dan perhatian anak. (3) membimbing anak dalam mengelompokkan jumlah sesuai angka yang telah ditentukan, dilakukan berulang kali dengan sabar.

SARAN

Berdasarkan temuan peneliti yang telah disajikan sebelumnya, maka dapat disampaikan saran-saran kepada guru, dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan lebih sabar dan memotivasi dan membimbing anak untuk mengarahkan minat dan perhatian mereka terhadap materi pembelajaran tentang mengenal lambang bilangan. Kepada sekolah, sebaiknya sekolah menyediakan karu bilangan secukupnya dan alat permainan Edukatif (APE) yang memadai dapat dipergunakan guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan. Kepada peneliti lainya, jika ingin melakukan penelitian yang sama sebaiknya dilaksanakan lebih dari 2 (dua) siklus sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.(*)

No comment for Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Bagi Anak Kelompok A TK Negeri I Tanjung Bunga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *