Menu Click to open Menus
Home » NASIONAL » Titip Lembata dalam Program Pemerintah Pusat

Titip Lembata dalam Program Pemerintah Pusat

(768 Views) December 11, 2016 2:26 am | Published by | No comment

Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony menari selendang ditengah tarian dolo dolo bersama pejabat dari Kemendagri undangan lainnya. (foto:sandrowangak)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pembukaan Expo Nusantara dalam rangkaian Hari Nusantara (Harnus) ke-16 di Pelabuhan   Laut Lewoleba Lembata, Jumat (9/12/2016) malam diwarnai penembakan 2037 buah kembang api.

Semaraknya suasana pembukaan Expo Nusantara itu membuat ribuan warga Lembata yang memenuhi pelataran Pelabuhan Laut Lewoleba, Lembata, berdecak kagum dan sangat menikmati suasana indah di malam itu.

Saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony mewakili Mendagri dalam sambutannya mengatakan, menjadi sebuah kebanggan yang besar bagi masyarakat NTT dan Lembata karena pemerintah pusat menetapkan Lembata sebagai tempat dilaksanakan Harnus 2016.

“Lembata harus bangga menjadi bagian dari NKRI. Pemerintah pusat memberikan dukungan yang besar untuk memajukan Lembata melalui perayaan nasional Harnus. Karena itu, saya berharap,  Lembata harus membuka diri dengan daerah lainnya sehingha semakin dikenal di seantero Indonedia hingga dunia,” kata Benny Litelnoni

Selain itu, kepada pejabat-pejabat yang datang dari berbagai kementerian di Jakarta Benny berharap setelah melihat kondisi Lembata secara real ini, harus bisa membuat program dan terobosan untuk membangun Lembata ini.

“Pejabat-pejabat dari pusat yang  datang di Lembata pada Harnus ini harus bisa membuat program utk membangun Lembata, karena Lembata merupakan bagian dari NKRI yang harus dibangun seperti daerah lainnya. Kami titip Lembata dalam program pemerintah pusat,” kata Benny.

Benny yang juga membaca sambutan Mendagri selaku Ketua Panitian Harnus tahun ini menjelaskan, Indonesia merupakan negara kepulauan, karena itu pemerintah menetapkan setiap tanggal 13 Desember harus diperingati sebagai Hari Nusantara dan tahun ini merupakan peringatan Harnus yang ke-16 dan dilaksanakan di Lembata.

Mendagri berharap, dengan peringatan Harnus ini, generasi muda harus diarahkan untuk mencintai laut karena potensi laut sangat kaya yang dapat menghidupi kehidupan mereka.

“Pemerintah sangat peduli terhadap kehidupan masyarakat pesisir yang masih mengalami kesulitan hidup. Meski demikian masyarakat pesisir telah menjaga dan mengawal wilayah laut dengan sangat baik hingga saat ini,” tulis Mendagri Tjahyo Kumolo.

Sementara, Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk dalam ucapan selamat datangnya mengatakan, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Lembata sangat bangga karena pemerintah pusat mempercayakan daerah ini sebagai tuan rumah perayaan nasional Harnus tahun ini.

“Ini momentum yang sangat berharga karena pemerintah pusat yang menetapkan Lembata sebagai tuan rumah Harnus, maka Lembata pasti mendapatkan perhatian besar pasca Harnus ini. Lembata merupakan bagian yang tak terpisahkan dari NKRI, karena itu Lembata juga harus dibangun dengan baik,” kata Manuk.

Seremonial pembukaan itu diawali dengan tarian  beku sebagai tariarikn selamat dating. Dan berbagai tarian tradisional Lembata laingnya termasuk menari dolo dolo bersama pejabat yang hadir. (sandrowangak)

Topik:
News:

No comment for Titip Lembata dalam Program Pemerintah Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.