Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » TITEN – SUNDAY Kelebihan Dana Kampanye

TITEN – SUNDAY Kelebihan Dana Kampanye

(714 Views) February 13, 2017 3:35 pm | Published by | No comment

Sunday memobilisasi ribuan warga masyarakat dalam kampanyenya.

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Proses pilkada Lembata memasuki tahap akhir yakni pencoblosan di TPS, dua hari mendatang. Akan tetapi, dari kelima pasangan calon yang bertarung di pilkada Lembata, dua pasangan calon diperintahkan untuk mengembalikan kelebihan dana kampanye ke kas negara.

Perintah untuk mengembalikan kelebihan dana kampanye ini berdasarkan PKPU 13 Tahun 2016, Perubahan PKPU Nomor 8 tahun 2015.

Panitia Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lembata menemukan sumbangan Dana kampanye perseorangan mencapai ratusan juta rupiah. Padahal Negara telah membatasi total sumbangan Dana kampanye sumbangan perseorangan hingga Rp 75 juta per orang.

Komisioner Panwaslih Kabupaten Lembata, Ignasius Silikaba, Senin, 13 Februari 2017 mengatakan, data yang dihimpun dari Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LSDK) Lima Pasangan calon menunjukkan Paket Sunday (Eliazer Yentji Sunur – Thomas Ola) mendapat sumbangan perseorangan sebesar 170 Juta Rupiah dari Haryanto Wijaya.

Sementara paket Titen (Herman Wutun – Vian Burin) mendapatkan sumbangan sebesar Rp 250 juta dari Lukas Onek Narek.

“Kelebihan sumbangan Dana kampanye ini harus dikembalikan ke kas Negara 14 hari setelah masa kampanye berakhir. Menurut PKPU 13 Tahun 2016, Perubahan PKPU Nomor 8 tahun 2015, batas sumbangan Dana kampanye sumbangan perseorangan hanya hingga 75 juta rupiah,” ujar Ignasius. 

Panwaslih menegaskan, pihaknya berkoordinasi dengan KPU setempat guna memantau proses pengembalian kelebihan Dana kampanye tersebut ke kas daerah.

Sementara itu, Komisioner KPU Lembata, Bernabas Marak, menjelaskan bahwa soal dana kampanye tidak ada yang lebih. Kelebihan dana tersebut bukan pada sumbangan perseorang tetapi pada sewa mobil kedua pasangan tersebut.

“Tidak ada kelebihan dana kampanye. Operator salah persepsikan item terima mobil dan sewa mobil. Yaang seharusnya sewa mobil bukan terima mobil. Karena tidak ada mobil yang mereka dapatkan dari penyumbang,” ungkap Marak ketika dihubungi, 13 Februari 2017 malam. (sandrowangak)

Topik:
News:

No comment for TITEN – SUNDAY Kelebihan Dana Kampanye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.