Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » TITEN Sejalan Dengan VIKTORI, Tetap Persoalkan Kecurangan Pilkada Lembata

TITEN Sejalan Dengan VIKTORI, Tetap Persoalkan Kecurangan Pilkada Lembata

(1072 Views) February 21, 2017 2:12 pm | Published by | No comment

Vian Burin

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pasangan calon Herman Y.L. Wutun – Yohanes Vianey Burin alias TITEN tetap sejalan dengan paket VIKTORI (Viktor Mado Watun – Muhamad Nasir) untuk mempersoalkan kecurangan Pilkada Lembata, 15 Februari 2017 lalu. Bahkan, Pilkada dinilai cacat hukum karena diikuti dan dimenangkan oleh paket yang tidak sah atau ilegal.

“TITEN sejalan dengan apa yang disampaikan VIKTORI. Bahwa keikutsertaan paket calon yang sudah direkomendasikan untuk dibatalkan pencalonannya merupakan proses yang cacat hukum. Kami baru tahu setelah pemilihan kalau ada rekomendasi untuk membatalkan salah satu pasangan calon. Tapi, KPU membiarkan semua proses berjalan,” tandas Calon Wakil Bupati TITEN, Vian Burin, kepada aksiterkini.com, Selasa (21/2/2017).

Dia mensinyalir adanya sikap pembiaran yang dilakukan penyelenggara Pilkada sehingga terjadi kecurangan yang sistematis. “Kami sedang melakukan diskusi, kajian, dan lihat saja apa yang akan disampaikan TITEN dalam pleno KPU nanti,” ucap Vian Burin.

Dikatakan, TITEN masih komit pada pernyataan sikap menolak hasil pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Lembata periode 2017-2022. “Pernyataan sikap itu kan ditandatangani paket TITEN dan VIKTORI serta partai pengusung masing-masing,” tandasnya.

Asal tahu saja, pada tanggal 16 Februari 2017, sehari setelah pemungutan suara, TITEN dan VIKTORI mengeluarkan pernyataan menolak hasil Pilkada Lembata. Selain ditandatangani pasangan calon, empat pimpinan partai pengusung pun membubuhkan tanda tangan dan cap partai. PKS ditandatangani oleh Abdul Hamid, Mukhtar Pehang (Gerindra), Ferdinandus Koda (PDI Perjuangan) dan Servas Ladoangin (PKB).

Pernyataan sikap itu dikirim kepada KPU Pusat, Bawaslu Pusat, Mendagri, KPU NTT, Bawaslu NTT, Gubernur NTT, KPU Lembata, Panwaslih Lembata, Penjabat Bupati Lembata dan Kapolres Lembata.

Dalam surat pernyataan sikapnya, mereka secara tegas menyatakan, “Menolak seluruh pelaksanaan proses Pilkada Lembata 2017 yang telah dilaksanakan pada Rabu, 15 Februari 2017 dan hasil-hasilnya”.

Menurut Vian Burin, pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran Pilkada yang seolah-olah dibiarkan terjadi tanpa tindakan dari penyelenggara Pilkada.

Informasi yang dihimpun aksiterkini.com menyebutkan bahwa TITEN dan VIKTORI memiliki bukti-bukti akurat terkait kecurangan Pilkada. Antara lain, adanya rekaman salah satu pasangan merogoh koceknya untuk belanja barang bagi warga pemilih di pasar di luar zona kampanyenya. Ada juga temuan penggelembungan suara di TPS, yang melampaui jumlah suara dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).(at01)

Topik:
News:

No comment for TITEN Sejalan Dengan VIKTORI, Tetap Persoalkan Kecurangan Pilkada Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.