Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » TITEN Desak Komisioner KPU Mundur; Marak: Kami Siap Penuhi Panggilan DKPP

TITEN Desak Komisioner KPU Mundur; Marak: Kami Siap Penuhi Panggilan DKPP

(1829 Views) February 23, 2017 2:34 pm | Published by | No comment

Bernabas Marak

LEWOLEBA, aksiterkini.com Koalisi partai pengusung paket TITEN (Herman YL Wutun – Vian Burin), PKS dan Gerindra mendesak lima komisioner KPU Lembata mengundurkan diri. Pasalnya, TITEN menilai Pilkada Lembata diwarnai pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif. Bahkan, mereka sudah mengadukan komisioner KPU ke DKPP di Jakarta.

Komisioner KPU sendiri menyatakan siap menghadapi panggilan DKPP. Ya, “Kami siap memenuhi panggilan DKPP terkait laporan TITEN sehubungan dengan penyelenggaran Pilkada. Kami tidak menanggapi karena TITEN juga sudah melaporkan kami ke DKPP,” ujar Bernabas Marak menanggapi pernyataan sikap paket Titen yang dibacakan Bernadus Sesa Manuk sesaat setelah penetapan pleno tingkat kabupaten dari PPK Omesuri, Kamis (23/2).

PPK Omesuri menjadi PPK terakhir yang mempresentasikan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten.

Pernyataan sikap sebanyak empat halaman yang sudah disampaikan dalam orasi saat aksi damai sehari sebelumnya tersebut lalu diserahkan saksi TITEN, Yuven Bahir dan diterima oleh Ketua KPU Lembata, Petrus Payong Pati.

Dalam pernyataan sikapnya, TITEN mengatakan, berbagai temuan pelanggaran menyimpulkan bahwa pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Lembata diwarnai dengan pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif sehingga hasil Pilkada menjadi cacat hukum.

Oleh karena itu, TITEN bersikap, mendesak KPU mendiskuakifikasi calon bupati Eliaser Yentji Sunur dan menyatakan paket nomor 1 Titen Lembata Bersih sebagai pemenang dalam Pilkada Lembata.

TITEN menyatakan Pilkada Lembata cacat hukum karena meloloskan Eliaser Yentji Sunur sebagai calon bupati yang bermasalah. KPU Lembata, menurut TITEN, telah melanggar hukum, kode etik penyelenggara pemilu. Dan, karena itu, TITEN sudah melakukan gugatan ke DKPP di Jakarta. Kelima komisioner KPU juga diminta mengundurkan diri.

TITEN juga mendesak Bawaslu pusat, Panwaslih Propinsi dan Panwaslih kabupaten untuk menghentikan tahapan Pilkada selanjutnya sampai ada keputusan dari pihak yang lebih tinggi.

Jika KPU tidak mengindahkan tuntutan ini, tulis TITEN, maka rakyat Lembata akan mengambil tindakan dengan caranya sendiri untuk menegaskan keadilan dan kebenaran di tanah Lembata ini. Pernyataan tersebut ditandatangani ketua tim koalisi partai pengusung paket TITEN, H. Muhamad Ayub (PKS) dan Sekretaris Drs. Mochtar Pehang (Gerindra). (fince bataona)

Topik:
News:

No comment for TITEN Desak Komisioner KPU Mundur; Marak: Kami Siap Penuhi Panggilan DKPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *