Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Tidak Melawan Tradisi, Wagub Jawab Soal Wisata Menonton Ikan Paus

Tidak Melawan Tradisi, Wagub Jawab Soal Wisata Menonton Ikan Paus

(604 Views) July 29, 2017 3:49 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com — Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony mengatakan seminar Wisata Menonton Ikan Paus yang digelar Pemerintah Provinsi NTT beberapa waktu lalu tidak bermaksud melawan tradisi penangkapan ikan paus di Lamalera, Lembata. Sebab tradisi penangkapan ikan paus berbeda dan tidak komersial. “Dan pemerintah tidak melarang sejauh tetap dijalankan sesuai tradisi,” ujar Litelnony menjawab aksiterkini.com dan Kabar NTT usai jumpa pers terkait Raida VI di Lembata, Jumat (28/7/2017).

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata Provinsi NTT beberapa waktu lalu menggelar Seminar Wisata Menonton Ikan Paus. beberapa waktu sebelumnya saat digelar Seminar Ikan Paus di Lembata, juga dibicarakan wisata menonton ikan paus. Ketika itu secara tegas masyarakat Lamalera menyatakan menolak. Sebab ikan paus dalam tradisi penangkapan ikan paus dilihat sebagai kiriman Tuhan dan leluhur yang harus diambil untuk hidup masyarakat Lamalera.

Terkait hal tersebut, Litelnony menegaskan, “tidak akan bertentangan dengan tradisi. Orang Lembata (Lamalera) hanya berburu satu atau dua ekor saja dan hanya itu sejak dahulu kala. Berbeda dengan wisata menonton ikan paus yang memanfaatkan potensi laut kita. Laut Lembata masuk dalam Laut Sawu yang menjadi daerah migrasi sejumlah paus yang dilindungi. Nah, ini yang mau kita manfaatkan,” ujar Litelnony

Dikatakan wisata ikan paus seperti di Kanada itulah yang mau dikembangkan di NTT nanti. Para pakar yang akan melakukan survey dan sebagainya. “Kita manfaatkan potensi laut kita. Tradisi di Lembata (Lamalera) ya tetap kita jaga sejauh masyarakat juga tetap berpegang pada tradisi,” ujar Litelnony. (ona)

No comment for Tidak Melawan Tradisi, Wagub Jawab Soal Wisata Menonton Ikan Paus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.