Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Terduga Teroris Kampung Melayu Mengenal Pelaku Bom Cicendo

Terduga Teroris Kampung Melayu Mengenal Pelaku Bom Cicendo

(492 Views) May 25, 2017 7:42 am | Published by | No comment

Istri terduga teroris bom Kampung Melayu menyebut suaminya mengenal pelaku bom Cicendo, Bandung, yang bernama Abu Muslim. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)

JAKARTA, aksiterkini.com – Kepolisian Daerah Jawa Barat saat ini melakukan pemeriksaan terhadap istri dari terduga teroris di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Terduga teroris bom Kampung Melayu berinisial INS diduga mengenal dengan pelaku bom Cicendo, Bandung.

“Saat ini istri pelaku masih dimintai keterangan. Salah satu informasi yang diberikan bahwa suaminya (INS) mengenal pelaku teror bom Cicendo,” kata Kabis Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Yusri Yunus kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/3).

Yusri menyebutkan, istri INS, menyebut suaminya mengenal Agus Sutano alias Agus Muslim alias Abu Muslim. Agus merupakan pelaku bom panci di Cicendo pada Februari lalu. Agus ditangkap Densus 88 di kawasan Kebon Gendang, Kecamatan Batunungal, Kota Bandung pada Maret 2017. Agus diduga sebagai perakit bom panci.

“Dia (Agus) sebagai pembuat bom dengan Yayat alias Abu Salam yang meledak di Cicendo pada 27 Februari 2017,” kata Yusri.

Bom panci Cicendo sempat diledakkan di Lapangan Pandawa di dekat kantor Kelurahan Arjuna, Cicendo, Bandung. Para pelaku bom Cicendo tercatat tergabung kelompok teror Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Barat yang terafiliasi kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah atau Islamic State in Iraq and Syria (ISIS).

Saat ini polisi memasang garis polisi melintang di rumah INS di Jalan Cibangkong, RT 02/07 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Selain istri, polisi juga memboyong ke dua anak untuk dimintai keterangan.

Sementara itu Mabes Polri mengatakan bom yang meledak di Kampung Melayu, Jakarta Timur, mirip jenisnya dengan bom yang meledak di Cicendo.

“Dari jenis bomnya (mirip dengan di Bandung), tapi mungkin lebih sempurna dari yang kemarin tidak jadi meledak,” kata Kabag Mitra Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono di Mabes Polri.

Sebelumnya, pemerhati terorisme sekaligus pemilik situs Arrahmah.com, Muhammad Jibriel Abdul Rahman, mengatakan ciri-ciri serangan di Kampung Melayu menunjukkan aksi itu dilakukan oleh kelompok teror ISIS yang sedang melancarkan operasi global.

“Ini worldwide war (perang global). Pemanasannya kemarin di Manchester, sekarang di sini, untuk menyambut Bulan Ramadan,” kata Jibriel saat berbincang dengan CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, tak lama setelah kejadian.

Jibriel mengatakan salah satu indikasi pelaku teroris berasal dari ISIS adalah bentuk serangan yang serampangan, berbeda dengan jaringan teroris Al Qaida.

Hal senada diungkapkan pemerhati teroris Abu Harits Ulya. Dia menyatakan ada indikasi jejaring ISIS Indonesia yang terkait dengan pemimpin ISIS di Indonesia, Aman Abdurrahman. (CNN/at01)

Topik:
News: ,

No comment for Terduga Teroris Kampung Melayu Mengenal Pelaku Bom Cicendo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.