Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Tarian Kakaq Bung Bawa Roho Jadi Juara; Veni: Saya Senang dan Gembira

Tarian Kakaq Bung Bawa Roho Jadi Juara; Veni: Saya Senang dan Gembira

(244 Views) June 26, 2018 6:17 am | Published by | No comment

Kades Tubung Walang menyerahkan hadiah kepada perwakilan Desa Roho sebagai pemenang lomba. (Foto: Sius Leumolong)

TUBUNG WALANG, aksiterkini.com – Tarian Kakaq Bung (Titi Jagung) berhasil mengantar Desa Roho keluar sebagai juara lomba tari, sekaligus menjadi wakil Kecamatan Buyasuri untuk lomba tingkat kabupaten. Juara II disabet Desa Loyobohor dan juara III diboyong Desa Bareng.

Tarian Kakaq Bung merupakan sebuah tarian yang menggambarkan bagaimana kaum perempuan berjuang menghasilkan makanan dari jagung dengan terlebih dulu dititi. Tentu proses untuk menghasikannya sangat rumit sehingga dengan tarian ini mau mengingatkan kaum pria untuk menghargai kaum perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengumuman hasil kejuraan lomba tari dan ceritera tingkat kecamatan Buyasuri diumumkan tim juri yang diketuai Natael Ola sekitar pukul 16.30 Wita, Minggu (24/6/2018). Juara lomba tari dibacakan Maria Rosari Leto, sedangkan juara lomba ceritera disampaikan Agus.

Walaupun peserta lomba dan penonton tampak lelah akibat acara lomba yang dilaksanakan tidak sesuai dengan waktu, tetapi mereka tampak sabar hingga puncak acara guna mendengarkan hasil kejuaraan. Penonton bergemuruh gembira ketika perwakilan desanya diumumkan sebagai pemenang juara, baik lomba tari maupun ceritera beregu.

Hal ini nampak dalam pembacaan juara lomba untuk tari dan ceritera. Lomba ceritera beregu tentang pentingnya Akta Lahir, lagi-lagi Desa Roho keluar sebagai juara I, Desa Tubung Walang juara II dan Desa Loyobohor sebagai juara III.

Natael Ola selaku ketua tim juri menyampaikan bahwa untuk menentukan juara dan tidaknya sebuah tim tentu melalui penilaian-penilaian tertentu. “Penguasaan panggung, busana, kekompakan irama, gerak dan musik, pola lantai, ekspresi penari, aksesoris, ini merupakan bentuk-bentuk penilaian juri, sehingga kedepannya harus diperhatikan dengan baik,” jelas Natael.

Penari dari Desa Roho berpose bersama seusai diumumkan sebagai juara I. (Foto: Sius Leumolong)

Kepala Desa Tubun Walang, Gabriel Puhun Buyanaya, mewakili Camat Buyasuri, Paulus Marang, dalam penutupan acara menyampaikan selamat bagi pemenang lomba. Dia berharap agar para peserta yang belum meraih kesuksesan pada perlombaan ini, kedepannya lebih berusaha sehingga dapat memperoleh hasil yang baik seperti teman-teman dari desa lain.

Vinsensia Peni, yang akrab dipanggil Veni –siswi binaan plan dari desa Roho yang merupakan salah satu penari mewakili timnya kepada media ini, menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah membimbing dan melatih hingga sukses dan menjuarai perlombaan ini. Menurutnya, untuk mencapai kesuksesan ini, dia bersama tim dan pelatih melakukan latihan kurang lebih 2 (dua) minggu.

“Saya senang dan gembira, karena kami akan mewakili Buyasuri untuk mengikuti lomba di tingkat kabupaten. Kegiatan ini tentu  plan yang akan mengaturnya,” ujar Veni dengan raut wajah gembira.(Sius Leumolong)

No comment for Tarian Kakaq Bung Bawa Roho Jadi Juara; Veni: Saya Senang dan Gembira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.