Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Tarian Beku Buka Launching Nusantara Expo, 64 Peserta Ikut Expo Budaya

Tarian Beku Buka Launching Nusantara Expo, 64 Peserta Ikut Expo Budaya

(768 Views) December 9, 2016 1:12 pm | Published by | No comment

Lokasi Harnus di Dermaga Lewoleba

LEWOLEBA, aksiterkini.com –Tarian Tradisonal Beku asal Leragere, Kabupaten Lembata sesuai akan menjadi tarian pembukaan  louncing nusantara expo, sore ini (9/12/2016) tahun 2016 di Jakarta. Tarian Beku (tarian Selamat datang) ini akan dibawakan oleh masyarakat asal Atadei, Kedang, kota Lewoleba dan sebagian besar dari Leragere yang berjumlah 100 penari, terdiri anak muda dan orang tua yang selama ini sudah melakukan latihan secara baik.

Hai ini disampaikan oleh, Karel Burin, Kabag Humas Setad Lembata keti8ka dit5emui di media center hari nusantara, Jumad (9/12/2016).

“Ya… tarian beku yang juga tarian selamat datang akan menjadi tarian pembukaan launching Nusantara Expo, dengan jumlah penari yang selama ini sudah dilatih ya sekitar 100 orang penari,” tegas Karel.

Kepada aksiterkini.com, Karel juga menjelaskan bahwa, persiapan menuju puncak perayaan Harnus yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia ini sudah 80%.

Ada pun rangkaian kegiatan pembukaan Launcing Nusantara Expo diawali dengan Karnaval Budaya Bahari Nusantara. Peserta bernuansa bahari yang menggambarkan cinta Bahari Nusantara sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia. Karnaval ini dikuti oleh kelompok peguyuban nusantara, Sumatera, Jawa, Bugis, Papua, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan juga kelompok sanggar dari sekolah-sekolah. Jumlah peserta yang mengikuti karnaval ini diperkirakan mencapai 4000 orang.

64 Peserta Expo Budaya

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagagangan menggelar Expo Budaya Lembata yang diikuti oleh 64 orang peserta dari seluruh kelompok binaan dan perorangan serta instansi lingkup Setda Lembata.

Koordinator Expo Harnus 2016, Ansel Bahi, yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Lembata, yang ditemui di lokasi expo, Jumat (9/12/2016), menjelaskan untuk perayaan Hari Nusantara digelar expo Budaya Lembata dan expo Nusantara. Expo Budaya Lemnbata diikuti oleh berbagai kalangan di Lembata dan juga ada peserta dari luar Lembata.

“Untuk peserta dari Lembata berjumlah 64 kelompok. Dan stand yang kami sediakan tidak dibayar,” ungkap Bahi.

Lebih jauh, Bahi menjelaskan, selain peserta dari Kabupaten Lembata, ada beberapa peserta dari luar daerah Lembata yakni dari Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Belu dan Maumere.

Bahi mengungkapkan Expo Budaya Lembata dibagi medunjadi dua bagian yakni Expo Kuliner Khas Lembata dan Expo Kerajinan Khas Lembata.

Secara keseluruhan Expo sesungguhnya dikelolah oleh dua Even Organizer yakni Expo Nusantara dikelolah oleh EO local yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah. Sementara Expo Nasional dikelolah oleh EO yang ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian dan perdagangan Republik Indonesia. Berdasarkian informasi, stand kementrian ini dijual Rp 25 juta.

Kegiatan Expo ini, dihadiri oleh Ketua Bidang Nusantara Expo yang juga Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri, Dr. Dra. Rochayati Basra, M.Pd, Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk dan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.

Kegiatan Expo ini dibuka oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, mewakili Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Pantauan Media Ini beberapa seluruh stand yang mengikuti expo Budaya Lembata seolah berlomba memamerkan kerajinan tangan dari bahan lokal Lembata. Misalnya, stand milik Darma Wanita Kabupaten Lembata, memamerkan kerajinan tangan berupa tas wanita, sandal jepit, aksesoris wanita, cinderamata kapal layar dari kain tenun motif lembata.

Stand SMK I Ilepa Ape, menyediakan berbagai cinderamata kerajinan kayu. Ada garuda dari kayu jati. Ada kapal layar tradisional. Ada asbak gelang dan berbagai kerajinan menarik lainnya.

Sementara itu, expo Nusantara diikuti berbagai instansi, misalnya BUMN, Angkatan Laut, Dukcapil Lembata dan intansi lainnya dengan harga stand Rp.25 juta. (osy/sandrowangak)

Topik:
News:

No comment for Tarian Beku Buka Launching Nusantara Expo, 64 Peserta Ikut Expo Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *