Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Status Gunung Ile Lewotolok di Lembata Naik Menjadi Waspada

Status Gunung Ile Lewotolok di Lembata Naik Menjadi Waspada

(2262 Views) October 7, 2017 3:55 pm | Published by | No comment

DENPASAR, aksiterkini.com Kepala pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan, Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, naik status dari level normal (I) menjadi waspada (II). Peningkatan status ini dilakukan setelah memperhatikan analisis data visual dan kegempaan.

“Berdasarkan hasil analisis visual dan kegempaan maka pada tanggal 7 Oktober 2017 pukul 20.00 Wita, Gunung Ile Lewotolok dinaikkan statusnya dari normal ke waspada,” kata Kasbani, Sabtu (7/10/2017) malam.

Menurutnya, Gunung Ile Lewotolok memiliki potensi bahaya lontaran batu pijar dan abu lebat, longsoran material lapuk dari puncak gunung, awan panas yang mengarak ke sektor timur dan tenggara serta gas vulkanik berbahaya.

Dengan adanya peningkatan status ini, Kasbani mengimbau agar masyarakat, pendaki dan wisatawan tidak melakukan pendakian.

“Dengan kenaikan status ini kami mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas pada zona perkiraan bahaya dalam area kawah Gunung Ile Lewotolok dan di seluruh area dengan radius 2 km,” kata Kasbani.

Walau demikian, masyarakat di sekitar gunung diharapkan tetap tenang. Seluruh pihak juga diimbau tetap menjaga kondusivitas suasana di Lembata.

“Masyarakat jangan terpancing berita yang tidak jelas sumbernya atau hoaks, dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ile Lewotolok yang tidak jelas sumbernya,” kata Kasbani.

Selain Gunung Ile Lewotolok, ada 17 gunung api lain di Indonesia yang berstatus waspada dan dua gunung berstatus awas.

Sebanyak 17 gunung lainnya yang berstatus waspada adalah Gunung Anak Krakatau (Lampung), Gunung Banda Api (Maluku), Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Dempo (Sumatera Selatan), Gunung Dukono (Maluku Utara), Gunung Gamalama (Maluku Utara), dan Gunung Gamkonora (Maluku Utara).

Kemudian Gunung Ibu (Maluku Utara), Gunung Karangetang (Sulawesi Utara), Gunung Kerinci (Sumatra Barat), Gunung Lokon (Sulawesi Utara), Gunung Marapi (Sumatra Barat), Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat), Gunung Rokatenda (Nusa Tenggara Timur), Gunung Sangeangapi (Nusa Tenggara Barat), Gunung Semeru (Jawa Timur), dan Gunung Soputan (Sulawesi Utara).

Sedangkan gunung yang berstatus awas adalah Gunung Agung dan Sinabung.(kompas.com)

No comment for Status Gunung Ile Lewotolok di Lembata Naik Menjadi Waspada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.