Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Sekda Tonce Polisikan Mantan Bupati; Yosni Herin: Saya Siap Diperiksa!

Sekda Tonce Polisikan Mantan Bupati; Yosni Herin: Saya Siap Diperiksa!

(1806 Views) July 27, 2016 2:17 pm | Published by | No comment

LP Tonce MatutinaLARANTUKA, aksiterkini.com – Baru sehari meletakan jabatannya, mantan Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos langsung diadukan ke polisi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Flores Timur, Anton Tonce Matutina, BA, SH dengan tuduhan mencemarkan nama baiknya.

Rabu (27/7) sekitar pukul 14.15 Wita, Sekda Tonce Matutina didampingi kuasa hukumnya, Stefanus Matutina, SH menyambangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Flores Timur untuk

melaporkan mantan Bupati Flotim periode 2011-2016. Dia menuduh Yosni Herin telah melakukan pencemaran nama baik melalui media cetak dan elektronik.

Dalam Laporan Polisi Nomor: LP/109/VII/2016/NTT/Res. Flotim tanggal 27 Juli 2016 yang diterima Bripka Adrianus Ola Ama, Sekda Tonce Matutina menyatakan bahwa pada hari Minggu, 19 Juni 2016, terlapor telah menyatakan bahwa ijazah Strata Satu (S1) Sarjana Hukum (SH) yang disandang oleh pelapor adalah palsu kepada para wartawan.

Sekda Tonce Matutina mengajukan tiga wartawan sebagai saksi. Yakni, Wento Eliando (Harian Flores Pos), Fransiskus Lamanepa (Mingguan AKSI/aksiterkini.com) dan Patman Werang (TVRI Larantuka).

Menanggapi laporan Sekda Tonce Matutina, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Flores Timur, AKBP Yanri Ihsan, SH, S.IK, MSi menyatakan bahwa semua masyarakat berhak melaporkan kepada kepolisian.

Mengenai kelanjutan suatu laporan, adalah menjadi tugas penyidik kepolisian melakukan penyelidikan. “Detail laporan itu saya belum tahu persis. Sebab tadi sekitar jam 12.00, saya sudah tinggalkan kantor untuk persiapan ke Kupang,” kata dia.

Namun demikian, Kapolres menuturkan bahwa pada prinsipnya laporan itu setelah dibuat oleh bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). “Nanti laporan itu diselidiki oleh penyidik, apakah mengandung unsur pidana atau tidak. Kalau ada unsur pidana, diteruskan. Kalau tidak, maka dianggap laporan masyarakat,” terang Kapolres kepada aksiterkini.com di Bandara Gewayan Tana, Rabu (27/7).

Sementara itu, mantan Bupati Yosni Herin tampak santai menanggapi pengaduan Sekda Tonce Matutina atas pernyataannya kepada media massa. Dia menyatakan bahwa Sekda Tonce memiliki hak hukum untuk melaporkan dirinya ke Polres Flotim.

“Ketika saya berbicara itu, kapasitas saya sebagai Bupati, Pejabat Pembina Keoegawaian (PPK) di daerah. Dan undang-undang menyebutkan bahwa PPK di daerah itu hanya bupati; tidak ada yang lain,” tandasnya.

Toh begitu, dia menyatakan siap diperiksa. Ya, “Saya siap diperiksa. Saya siap memberikan data-data kepada kepolisian bahwa pernyataan saya itu ada dasarnya,” tandas Yosni Herin.(rag)

Topik:
News:

No comment for Sekda Tonce Polisikan Mantan Bupati; Yosni Herin: Saya Siap Diperiksa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *