Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Saksi Tiga Paslon Tidak Tandatangan Berita Acara Penetapan Penghitungan Suara

Saksi Tiga Paslon Tidak Tandatangan Berita Acara Penetapan Penghitungan Suara

(1109 Views) February 23, 2017 4:03 pm | Published by | No comment

Saksi paket SUNDAY, Alex Karangora sedang menandatangani berita acara penetapan perhitungan suara Pilkada Lembata 2017. (foto: fincebataona)

LEWOLEBA, aksiterkini.com — Penetapan penghitungan suara oleh KPU Lembata dalam rapat pleno, Kamis (23/2) tanpa dihadiri dan ditandatangani saksi Paket Titen, Viktori dan Winners. Seperti diketahui paket Titen dan Viktori sudah menyatakan menolak seluruh hasil Pilkada. Sementara Winners tidak ada di ruangan saat rapat penetapan tersebut.

Saat menutup rapat, Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati mengingatkan jika ada ketidakpuasan berbagai pihak atas keputusan KPUD maka memanfaatkan jalur pengaduan ke MK. Jika tidak ada pengaduan dan MK menyatakan tidak ada pengaduan maka tanggal 8 Maret KPUD akan menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Lembata 2017-2022.

Atas ketidakhadiran tiga saksi dan tidak ikut menandatangani keputusan KPUD tersebut, Bernabas Marak yang didampingi anggota Panwaslih Kabupaten Lembata, Lamber Kolin dalam konperensi pers usai rapat pleno mengatakan keputusan KPUD Lembata tentang hasil.penghitungan suara sudah sah. “Tidak ada soal. Apalagi sudah sejak awal mereka sudah menyatakan menolak,” ujar Nabas.

Kolin menambahkan ketidakhadiran saksi dalam penetapan tentu saja punya dasar sendiri tetapi yang dilakukan KPU dan Panwaslih juga punya dasar.

Terhadap berbagai laporan Titen soal pelanggaran, Kolin mengatakan sudah memberikan advis untuk melengkapi laporan dengan data-data yang otentik namun sampai semalam Titen tidak melengkapi lagi dokumen yang diminta Panwaslih.

“Jadi tidak benar kalau dikatakan kami tidak merespon pengaduan. Kami meminta melengkapi laporan tetapi tidak dipenuhi. Padahal ada batasan kedaluwarsa untuk sebuah pengaduan yakni satu hari,” ujar Kolin.

Untuk diketahui jumlah pemilih sebanyak 74.650. Jumlah pengguna hak pilih 63.666. Jumlah suara sah 63.190 dengan perolehan suara untuk pasangan Herman Wutun-Yohanes Vianey Burin sebanyak 16.540. Pasangan Viktor Mado Watun-Muhamad Nasir Loude  sebanyak 14.753.Lukas Lipataman-Ferdinandus Leu sebanyak 4.913. Pasangan Tarsisia Hani Chandra-Linus Beseng 2.773 dan pasangan Eliaser Yentji Sunur-Thomas Ola sebanyak 24.211. (fince bataona)

Topik:
News:

No comment for Saksi Tiga Paslon Tidak Tandatangan Berita Acara Penetapan Penghitungan Suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.