Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Relawan Pengawas Pilkada Lembata Mesti Obyektif dan Transparan

Relawan Pengawas Pilkada Lembata Mesti Obyektif dan Transparan

(678 Views) November 8, 2016 12:19 pm | Published by | No comment

Peserta sosialiasi relawan pengawas pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten Lembata, tahun 2017 di Hotel Palm, Lewoleba. (foto: sandro)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT melakukan sosialisasi dan perekrutan ratusan orang menjadi relawan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lembata tahun 2017. Sosialisasi dilakukan selama dua hari, tanggal 8 – 9 November 2016.

Tim pengawas ini diberi pembekalan terkait tugas dan fungsi, mekanisme kerja dan urgensi pengawasan partisipatif.

Adrifina Ndjurumbaha, S.Sos, dari Bawaslu NTT dalam paparan materinya menjelaskan bahwa relawan pengawas pemilu merupakan sebuah gerakan moral dan berubah menjadi gerakan sosial.

Untuk itu, relawan pemilu diciptakan memiliki bekal pengetahuan kepemiluan yang memadai dan skill teknis pengawasan.

“Relawan ini diharapkan dari.siswa siswi SMA yang sudah berusia minimal 17 tahun dan tidak menutup kemungkinan pastisipasi masyarakat lainnya,” ungkap Ndjurumbaha.

Oleh karena itu, demikian Ndjurumbaha, relawan pengawas berhak untuk mengumpulkan dan mengawasi informasi proses penyelenggara pemilu. Juga, berhak mengawasi tahapan kampanye, proses pemungutan suara, dan proses perhitungan suara.

Menurut Ndjurumbaha, seorang relawan panwas pemilihan harus obyektif, tidak berpihak, transparan, sukarela, integritas, dan jujur.

Untuk itu, dia berharap agar relawan panwas bisa melaksanakan pekerjaan mulai saat ini, sejak masa kampanye untuk pilkada Lembata yang sudah dimulai sejak 28 Oktober sampai 11 Februari 2016. Dan dulanjutkan dengan masa tenang dan pemungutan suara pada tanggal 15 Februari 2016 mendatang secara jujur dan obyektif.

Relawan panwas untuk pilkada Lembata berjumlah sekitar 200-an orang yang tersebar di seluruh desa dan TPS se-Lembata. (sandrowangak)

Topik:
News:

No comment for Relawan Pengawas Pilkada Lembata Mesti Obyektif dan Transparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.