Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Quota Kursi Turun 15 Persen, Gerindra Flotim Pastikan Usung Yosni Herin

Quota Kursi Turun 15 Persen, Gerindra Flotim Pastikan Usung Yosni Herin

(4622 Views) May 9, 2016 10:21 am | Published by | 1 Comment
IMG-20160509-WA010

Pius Lustrilanang (baju biru) bersama Yosni Herin (kiri), Gabriel Beri Bina.

LARANTUKA, aksiterkini.com — Quota kursi untuk mengusung pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah turun menjadi 15 persen dari jumlah kursi DPRD. Sehingga, Partai Gerindra Flores Timur memastikan akan mengusung incumbent Yosep Lagadoni Herin, S.Sos sekalipun tanpa koalisi.

“Sudah pasti 15 persen. Undang-undang perubahan 15 persen. Gerindra bisa maju sendiri. Saya ini ikut membahas. Tulis saja ketua DPP Gerindra yang bilang,” tandas Pius Lustrilanang, anggota DPR RI dari Partai Gerindra, kepada aksiterkini.com, Minggu (8/5) di Larantuka.

Dikatakan, rekomendasi calon yang diusung dalam Pilkada selalu diperhatikan para pengambil keputusan di DPP Partai Gerindra. Ya, “Saya cukup didengar, karena dianggap tahu kondisi lapangan,” jelasnya.

Menurut Lustrilanang, pengalaman Pilkada serentak pertama lalu, tiga kabupaten di daerah pemilihan NTT 1 (satu) dimenangkan oleh incumbent. “Saya curiga untuk putaran berikut ini incument punya peluang lebih besar untuk menang. Jadi ya proses kita sampe detik ini agak condong kepada incumbent (Yosni Herin-Red),” tandasnya.

Dalam perbincangan yang juga disaksikan DPC Gerindra Flores Timur dan sekretaris DPD Gerindra NTT, Gabriel Beri Bina, Pius Lustrilanang berkali-kali menegaskan bahwa partainya tetap memperhitungkan calon incumbent. “Melawan incumbent yang luar biasa kuat, sama saja buang-buang energi,” ujarnya, ketus.

Toh begitu, dia tidak mau dianggap enteng oleh incumbent dalam proses penetapan pasangan calon. “Kami kan sudah punya cukup banyak suara, banyak kursi di DPRD. Kami cuma ingin diajak biacara. Jangan coba-coba mengabaikan Gerindra,” tegas mantan aktifis 1998 ini.

Ditanya soal kapan rekomendasi untuk Yosni Herin dikeluarkan DPP Partai Gerindra, dia mengatakan, sebelum pendaftaran baru diterbitkan keputusan oleh DPP. “Biasanya rekomendasi dikeluarkan di akhir-akhir menjelang pendaftaran. Banyak partai begitu. Hampir jarang dikeluarkan awal-awal. Mungkin satu dua bulan menjelang pendaftaran baru keluar rekomendasi,” ujarnya.

Kendati memastikan akan mencalonkan incumbent di Flores Timur, Pius Lustrilanang menuturkan bahwa Gerindra tetap akan melakukan survei. “Kita ingin mengambil keputusan seobyektif mungkin, sefair mungkin, karena itu kita minta disurvey. Sehingga menjadi dasar bagi kita untuk mengambil keputusan. Meskipun kita bisa mengabaikan, aspirasi dari kader-kader yang mendukung pamannyalah, kepala sukunya dan sebagainya, dan datang kepada kami mengatakan bahwa yang mereka dukung itulah yang paling hebat. Cara yang paling fair adalah survey,” tandasnya.

Di Flotim, Yosni Herin akan dipaketkan dengan Marius Patti Payong, mantan ketua DPRD Flores Timur periode 1999-2014. Sosok mantan Ketua DPD II Partai Golkar Flores Timur itu diusung Partai Gerindra Flotim untuk berpasangan dengan Yosni Herin.

Paket Yosni-Marius Patti Payong dikabarkan mendapat dukunga pula dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (rag/fre)

Topik:
News:

1 Comment for Quota Kursi Turun 15 Persen, Gerindra Flotim Pastikan Usung Yosni Herin

  • ade bapa says:

    Calon incumben memang berpeluang memenangkan pertarungan pilkada flotim 2017. tetapi rakyat flores timur harus realistis memaknai kondisi hidupnya selama incumben berkuasa. Rakyat flores timur tentu akan lebih cerdas memilih siapa calon pemimpinnya yang paling di pilkada 2017 ini. Kalau tidak ada perubahan kondisi hidup rakyat yang signifikan, calon incumben akan maju lagi pasti akan diragukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *