Menu Click to open Menus
Home » EKBIS » Proyeksi Defisit Lampaui Batas Ketentuan, Jupri Soal Defisit APBD Lembata

Proyeksi Defisit Lampaui Batas Ketentuan, Jupri Soal Defisit APBD Lembata

(1093 Views) March 10, 2017 8:14 am | Published by | No comment

Juprians Lamabelawa, SH, MHum

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Praktisi hukum Juprians Lamabelawa, SH, MHum menilai defisit APBD Lembata tahun anggaran 2017 sudah melampaui ketentuan. Pasalnya, batas maksimum defisit yang ditolerir hanya sebesar 3 % dari total APBD yang ada.

Ya, “Batas maksimal kumulatif defisit APBD sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 132/PMK.07/2016 hanya sebesar 0,3% dari proyeksi PDB. Kalau defisit yang dimuat dalam berita itu sudah melampaui batas ketentuan,” tandas Juprians Lamabelawa kepada aksiterkini.com melalui saluran whatsapp, mengomentari pemberitaan seputar klarifikasi Pemkab Lembata terhadap defisit yang sedang dialami APBD Lembata 2017, Jumat (10/3/2017).

Dia tidak sependapat kalau defisit ditutupi dengan cara pemangkas item biaya yang sudah disepakati dan termuat dalam APBD 2017. “Jika defisit, maka defisit itu dibiayai oleh pinjaman daerah, bukan dari pemotongan/pengurangan pendapatan pegawai, dan lain-lain,” tegasnya.

Mengutip penjelasan Sekda Lembata sekaligus ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Petrus Toda Atawolo bahwa pada tahun 2016 ada dana Rp 74 miliar masih menggantung, dia justeru mempertanyakan mengapa angka itu dihitung sebagai sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA). “Hal ini perlu penjelasan tuntas. SILPA itu sudah dihitung, kemudian dianggarkan kedalam anggaran dan telah masuk APBD yang telah dibahas DPRD dan ditetapkan,” tandasnya.

Menurut dia, defisit dihitung dalam proyeksi PDB. “PDB adalah proyeksi yang digunakan dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017, dan itu telah berjalan dan sudah ditetapkan. Setelah ditetapkan baru terkuak angka defisit sebesar ini?” ujarnya, bertanya-tanya.

Dia menjelaskan bahwa jika defisit melampaui batas maksimal diatas 0,3% harus mendapat persetujuan Menteri Keuangan. “Dan itu diajukan sebelum APBD ditetapkan. Kalau tidak dilaporkan, maka Menteri Keuangan dapat menahan dana perimbangan,” ujarnya, mengingatkan. (fince bataona/at01)

Topik:
News: , ,

No comment for Proyeksi Defisit Lampaui Batas Ketentuan, Jupri Soal Defisit APBD Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.