Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Pramuka Kwarcab Lembata Gelar Rapat Pimpinan Satuan Karya

Pramuka Kwarcab Lembata Gelar Rapat Pimpinan Satuan Karya

(177 Views) May 15, 2018 8:24 am | Published by | No comment

Ka Kwarcab Lembata Simon Tery Langobelen pose bersama Pin SAKA Kwarcab Lembata. (foto: humas kwarcab)

LEWOLEBA, aksiterkini.com –Bertempat di sekretaraiat Kwarcab Lembata pada hari Jumad, tanggal 17 Nopember 2017  kwarcab Lembata melakukan rapat bersama Pimpinan Saka tingkat kwarcab Lembata. Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua Kwarcab Lembata, Ka Simon Tery Langobelen bersama andalan Cabang.

Dalam arahannya, Ka Kwarcab menyampaikan terima kasih atas seluruh pimpinan Saka yang hadir, antara lain Saka Bhayangkara, Saka Wirakartika, Saka Kalpataru, Saka Bahari, Saka Rumah Kencana, Saka Pariwisata. Kehadiran mereka menunjukkan kesiapan untuk berpatisipasi dalam diskusi demi kemajuan Pramuka sebagai generasi perubahan untuk bangsa dan negara serta Lewotanah Lembata yang kita cintai ini.

Setelah arahan singkat dari Ka Kwarcab, dilanjudkan pemaparan tentang seluruh Saka dan seluruh Krida yang ada dalam masing-masing satuan karya yang menjadi syarat utama bagi anggota Saka dalam mendapatkan syarat kecapakapan Khusus dan Syarat Kecakapan Umum.

Untuk itu, peran dan fungsi Pin Saka sangat strategis dalam mengambil kebijakan di lingkup kesatuan saka masing-masing sesuai dengan amanat undang-undang RI Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Kepramukaan. Sehingga sesuai target kwarcab Lembata, Tahun 2018 semua Saka sudah terbentuk paling lambat bulan Pebruari 2018. Materi ini dipresentasikan oleh Andalan Cabang, ketua bidang organisasi dan Hukum, kak Migel Oematan.

Selanjutnya dalam diskusi ini, Pin Saka Kalpataru ka Vinsen Jema, menyambut baik program ini hal ini didukung dengan perogram yang sedang dijalankan di instansi Lingkungan Hidup. Yakni  3R (Reduce, Reuse, Recyle) daur ulang sampah dengan berbagai metoda yang dapat bernilai ekonomi, komposting dengan berbagai metode, pelatihan Pengelolaan Bank Sampah.

Ka Vinsen Jema, Pin Saka Kalpataru menjelaskan, berbagai bentuk pelatihan Saka Kalpataru  selain Sampah juga meliputi beberapa Krida yang saling keterkaitan. Antara lain, konservasi SDA, Perubahan Iklim, Konservasi Hutan, Pelatihan terkait jasa lingkungan, misalnya Ekowisata.

Namun  Saka Kalpataru dalam kegiatan pada semua tingkatan Lebih ditekankan pada : AIR, Sampah, Energi, Pangan, Keanekaragaman Hayati, Kesehatan dan sanitasi. Hal ini berpedoman pada Buku Petunjuk Teknis Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan yang diterbitkan Kwarnas Gerakan Pramuka tahun 2017.

Pin Saka Wira Kartika, ka Paulino Soares, sangat mendukung kegiatan yang baru pertama kali yang dilaksanakan kwarcab Lembata sejak kabupaten Lembata Otonomi. Hal ini sangat penting agar seluruh Saka dapat mencari anggota saka di gugus depan dalam Kota Lewoleba dan sekitarnya.

Menurut ka Paulino, Saka Wirakartika mau tidak mau harus jalan. “Karena kegiatan kepramukaan ini sangat positif bagi generasi muda kita. Mari kita satukan tekat dan kita dukung seluruh program kwarcab Lembata demi generasi muda kita,” kata Ka Paulino, seraya menambahkan, jumlah anggota Saka Wirakartika saat ini berjumlah 60 orang anggota.

Yang menarik, seluruh Pin Saka mendukung program pembentukan Saka, termasuk pembentukan Saka Rohani dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lembata, dan pembentukan Pramuka Peduli Bencana Kwarcab Lembata.

“Semoga rencana dan niat baik kita dalam upaya pembentukan Saka di SKPD kita masing-masing dapat terwujud sesuai target kwarcab Lembata pada bulan Pebruari 2018 akan dilantik secara keseluruhan PIN Saka di Kwarcab Lembata Oleh Bupati Lembata selaku Ketua Mabicab Kwartir Cabang Lembata.”

Demikian harapan ka kwarcab Lembata mengakhiri seluruh rangkaian pertemuan dan diskusi bersama Pin Saka. (Humas Kwarcab Lembata)

 

 

No comment for Pramuka Kwarcab Lembata Gelar Rapat Pimpinan Satuan Karya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.