Menu Click to open Menus
Home » EKBIS » Potensi Geothermal Lembata Segera Ditangani PT (Persero) PLN

Potensi Geothermal Lembata Segera Ditangani PT (Persero) PLN

(588 Views) October 2, 2017 1:59 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pemerintah terus berupaya mengeksploitasi kekayaan energi baru terbarukan. Potensi energi baru terbarukan, Geothermal yang ada di Desa Watuwawer, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata segera dieksplorasi menyusul telah diserahkannya ijin Wilayah kerja Pengusahaan (WKP) kepada PT. PLN Persero.

Surat ijin WKP itu diberikan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral 2017, melalui keputusan Menteri ESDM Nomor 1894 K/30/MEM/2017 tentang penugasan Pengusahaan Panas Bumi. Kini PLN mulai mensosilisasikan penugasan tersebut kepada masyarakat serta pemerintah setempat.

Hal tersebut disampaikan GM PT PLN Persero Wilayah NTT, Christyono kepada aksiterkini.com, Kamis (28/9). Dikatakan, pihak PLN sudah memenangi Lelang dan telah pula mengantongi ijin WKP (Wilayah Kerja Pengusahaan).

“Kalau ijin WKP sudah diberikan kepada PLN, sudah menjadi kewajiban PLN untuk melanjutkan ke tahap eksplorasi, eksploitasi dan konstruksi untuk pembangkit. Untuk hal ini kami terus berkoordinasi dengan PLN pusat,” ujar GM PLN Wilayah NTT, Christyono.

Namun Christyono meminta pemerintah Kabupaten Lembata mempersiapkan infrastruktur jalan dan jembatan yang baik agar transportasi ke wilayah itu tidak menghambat proses eksploitasi panas bumi Atadei.

Pihaknya belum dapat memastikan berapa potensi kapasitas energi yang terkandung dalam Panas Bumi Watuwawer, sebab akan dilakukan penelitian dan investigasi tentang potensi. Namun dikatakan, pengembangan dilakukan untuk mencukupi kebutuhan energi listrik untuk seluruh wilayah Lembata.

“Kalau potensinya lebih, baru dipikirkan untuk memasok kebutuhan listrik ke pulau lain di NTT,” ujar Christyono.

Warga Lembata kini boleh bernapas legah, sebab potensi energi baru terbarukan Panas Bumi yang sudah disetujui warga untuk di eksploitasi kini ditangani PT. PLN Persero.

Pada dasawarsa lalu, warga sempat diajak pemkab Lembata untuk studi banding proses eksploitasi geothermal di Garut, Jawa Barat bersama PT. Westindo. Perusahaan tersebut telah mengantongi ijin ekplorasi panas bumi di Watuwawer,  Namun hingga kini eksplorasi maupun eksploitasi tidak kunjung dilakukan. (Hosea)

Topik: , ,
News:

No comment for Potensi Geothermal Lembata Segera Ditangani PT (Persero) PLN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.