Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Pleno KPU Temukan Selisih DPT, Kotak C1KWK Dibuka

Pleno KPU Temukan Selisih DPT, Kotak C1KWK Dibuka

(1516 Views) February 22, 2017 2:09 pm | Published by | No comment

Suasana rapat pleno KPU Lembata. Tampak para saksi pasangan calon serius mengikuti rapat. (foto: sandro)

LEWOLEBA, aksiterkini.com Setelah terjadi adu argumen dan silang pendapat yang cukup memanas, kotak yang berisi C1KWK akhirnya dibuka. Perdebatan hingga saksi Titen memukul meja berawal ketika pihak Titen mempersoalkan selisih angka DPT yang ada di PPK dan angka yang ada di Titen yang diterima dari KPU.

“Dalam catatan kami tercatat DPT Kecamatan Nubatukan sebanyak 20.682. Tapi mengapa DPT PPK Nubatukan 20.598? Mengapa bisa terjadi perbedaan angka demikian? Untuk membuktikan, kami minta buka kotak suara. Selisih tersebut berpengaruh pada jumlah perolehan suara juga,” ujar saksi Titen, Silvester Wutun.

Atas permintaan tersebut, Ketua PPK Nubatukan, Elyas Keluli Making yang diberi kesempatan oleh Ketua KPU untuk menjelaskan selisih angka tersebut mengatakan dalam pleno KPU tercatat DPT 20.682 namun di tingkat PPK tercatat 20.598. Perbedaan tersebut, diakui Making, baru disadari pihaknya tanggal 19 Pebruari 2017. Karena itu, mereka lalu menelusuri dan menemukan 84 suara yang dianggap lebih itu ada di TPS 07 Kelurahan Selandoro.

“KPPS menulis jumlah pengguna hak pilih sama dengan jumlah pemilih. Saya sudah berkoordinasi dan forum inilah yang memutuskan,” ujar Making.

Penjelasan Making, tidak menyurutkan keberatan saksi Titen yang didukung Viktori. Saksi Viktori, Sebastianus Muri bahkan berusaha memotong pembicaraan Making ketika Making mengatakan jangan mencurigai penyelenggara. “Saya bahkan mempertaruhkan diri saya untuk masuk penjara,” ujar Making.

Muri yang nampak emosional mengatakan bukan soal kecurigaan tetapi semua harus diluruskan agar hasil dari Pemilu ini bermartabat. Panwas yang mengancam itu indikasi bahwa penyelenggara memang harus dicurigai mengetahui pelanggaran. Karena itu kotak suara harus dibuka, kata Muri

Meski ketua, Petrus Payong Pati menegaskan untuk penelusuran selisih DPT cukup membuka kotak C1KWK namun mereka menolak. Ketua Panwaslih Rafael Boli Lewa yang berusaha menjelaskan, juga diserang. Debat kusir akhirnya diakhiri dan Payong Pati meminta Ketua PPK membuka dan memeriksa C1KWK.

Hasilnya ditemukan di TPS 07 Selandoro tertulis DPT 176 (L) dan 188 (P). Seharusnya 221 (L) dan 227 (P) sehingga total DPT Kecamatan Nubatukan menjadi 20.682.

Hingga berita ini ditulis sudah 4 PPK yang mempresentasikan hasil perhitungan dari 9 PPK. Empat PPK tersebut adalah Ile Ape, Ile Ape Timur, Lebatukan dan Nubatukan. (fince bataona)

Topik:
News:

No comment for Pleno KPU Temukan Selisih DPT, Kotak C1KWK Dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.