Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Pleno Golkar Flotim Hasilkan Sembilan 4 Balon Bupati dan 5 Balon Wabup

Pleno Golkar Flotim Hasilkan Sembilan 4 Balon Bupati dan 5 Balon Wabup

(3779 Views) April 27, 2016 2:34 pm | Published by | No comment

logo golkarLARANTUKA, aksiterkini.com – Pendaftaran bakal calon (balon) menyambut Pilkada Flores Timur (Flotim) 2017 di DPD II Partai Golkar Flotim, telah berakhir pada 21 April 2016 lalu. Dalam Rapat Pleno Golkar, Sabtu (23/04), di kantor DPD II Golkar Kelurahan Lokea, Larantuka, berhasil menjaring 9 (sembilan) nama balon.

Ketua Panitia Pendaftaran balon Golkar Flotim, Ignas Uran menuturkan selama pendaftaran sejak dibuka pada 14 April 2016 hingga ditutup 21 April 2016, ada 7 (tujuh) nama yang  mengambil formulir, tetapi hanya ada satu nama yang tidak mendaftar. Yakni, Bernardus Beda Keda sebagai balon wakil bupati (bacawabup).

Jadi enam balon yang memasukan formulir, yakni empat (4) bacabup dan dua (2) Bacawabup. Nama-nama Bacabup adalah Valentinus Sema Tukan (Wabup Flotim sekarang), Y.A.T. Lukman Riberu (Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Ekonomi dan Keuangan), Andreas Martinus DVG (Pewaris Takhtah Kerajaan Larantuka) dan Kromen Berchmans Yohanes (Sales Eksekutif Kantor Wilayah Semarang Bank BNI). Sedangkan, dua (2) bacawabup, yaitu Rufus Non Sili (mantan anggota DPRD Ende) dan Zakarias Paun (Kadis PPO Kabupaten Lembata).

“Nama-nama lain dimunculkan dalam rapat pleno oleh pengurus-pengurus kecamatan, yaitu Pak Linus Goran (salah satu Ketua PAC Golkar) dengan 20 suara, Pak Michael Kolin (Ketua DPK PKP Indonesia Flotim) 3 suara, dan Laurensius Leba Tukan (kader muda Golkar) dengan 1 suara. Jadi berdasarkan keputusan rapat pleno ada 9 balon, bukan 10 balon yang dikirim ke DPD 1 (Golkar NTT),” sebut Uran kepada aksiterkini.com melalui telepon selular, Rabu (27/04) pukul 09.07 Wita.

Ignas Uran menyebut dalam rapat pleno, Sabtu (23/04) yang dihadiri oleh 19 PAC, KPPG (Kelompok Perempuan Partai Golkar), AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar), DPD II, dan Dewan Penasehat, pleno juga meminta pandangan dari seluruh peserta terkait usulan mengenai balon yang dikehendaki untuk dimunculkan sebagai calon dari Partai Golkar, secara bulat, meskipun bukan aklamasi, semua menyebut Valentinus Tukan sebagai calon bupati. Sementara untuk cawabupnya, sebut Ignas, masih bervariasi seperti Linus Goran dengan 20 suara, Zakarias Paun 10 suara, Michael Kolin kantongi 3 suara, dan Laurensius Leba Tukan dengan 1 suara.

“Persoalannya, partai ini (Golkar) memproses orang-orang yang telah melamar (mendaftar). Maka dalam pleno itu, pertama, kita sampaikan kepada mereka (peserta pleno) balon bupati dan balon wakil bupati yang sudah mendaftar ke Partai Golkar. Lalu diberikan kesempatan kepada masing-masing kecamatan (PAC) untuk memberikan pandangan. Tanpa dipengaruhi siapa pun, mereka bersepakat secara bulat, bukan bulat dalam artian aklamasi bersama, dari nama-nama yang terdaftar, masing-masing bersepakat Pak Valens Tukan sebagai calon bupati dengan calon wakilnya bervariatif tadi,” jelas anggota DPRD Flotim dua periode ini.

Namun ia menepis bahwa hasil pleno itu merupakan keputusan final penentuan pasangan calon dari Partai Golkar Flotim. Alasannya, menurut Juklak Nomor 1 Tahun 2015, DPD II hanya memiliki kewenangan dalam penjaringan balon dengan kisaran 5-10 nama. Sementara DPD I, berhak menyaringnya menjadi 3-5 balon saja, sebelum diusulkan ke DPP untuk keputusan final. Tetapi ia berharap struktur partai di tingkat atas, mempertimbangkan aspirasi tersebut.

Soal bangunan koalisi, Ignas mengatakan kewenangan itu pun ada di struktur atas sesuai dengan juklak Nomor 1/2015, meskipun ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi karena Partai Golkar sedang berproses.

Secara publik telah beredar informasi peluang Golkar berkoalisi dengan PDI Perjuangan, tetapi, lanjut Ignas, hal ini belum sempat dibicarakan secara formal karena merupakan kewenangan struktur yang lebih tinggi, dan dirinya belum diajak membicarakannya.

“Sejauh ini kami belum tahu, karena masih berproses. Sebab bagaimanapun kita sendiri belum tahu calon bupati tetap dari Partai Golkar. Memang, dalam pleno pun telah ditayangkan kemungkinan-kemungkinan adanya koalisi dengan partai lain. Mungkin saja Pak Ketua DPD (II) punya pendekatan tertentu, tapi kita tidak tahu itu. Di dalam rapat pun, ada pandangan beberapa pengurus soal kemungkinan koalisi; mungkin dengan PKPI karena mungkin ada 2 kursi yang kebetulan nama ketuanya, Michael Kolin juga terjaring. Kemungkinan apa saja bisa terjadi menuju penetapan calon. Sebab (soal koalisi) itu pun masih sebatas pembicaraan yang belum ditindaklanjuti,” terang Uran.

Disinggung apakah kemungkinan itu lantaran Partai Golkar masih menunggu penetapan calon dari PDIP terkait koalisi dengan PDIP, Ignas menyebut tidak mengetahui karena belum ada pembicaraan pada tataran formal mengenai pengambilan langkah-langkah soal itu. Tetapi, Ignas Uran memunculkan reaksi berbeda ketika aksiterkini.com meminta tanggapan darinya, bila PDIP menetapkan calon di luar Valentinus Tukan.

“Meski belum dibicarakan, mungkin Golkar akan mengusulkan calon wakil bupati ketika PDIP putuskan calon bupatinya Pak Valens. Tetapi bila PDIP mengusung bukan Pak Valens Tukan, pasti Golkar akan mencari-membangun koalisi dengan partai lain. Untuk sementara tidak ada pilihan lain (bagi) Golkar, kalau kita bicara soal kehendak struktural. Kalau PDIP menentukan calon lain, kami tidak mungkin bergabung dengan PDIP, kecuali PDIP menentukan Pak Valens,” aku Ignas.

Meskipun sembari menyebut perlu mengingat dan menghargai proses yang sedang berjalan ke arah penetapan calon yang belum final, Ignas kembali menakar koalisi Partai Golkar dengan PDIP terkait Pilkada Flotim 2017 akan terjadi, manakala PDIP memutuskan calon bupatinya hanya Valentinus Tukan. Karena, lanjutnya, cara pandang terhadap figur yang sama sudah berbeda, dan Golkar akan mengusung Valentinus Tukan sebagai calon bupati dengan partai lain dalam koalisi baru.

“Suara bulat dalam pleno sudah jelas sepakat dengan Pak Valens, karena beliau pun daftar di PDIP dan PKPI, maka prinsipnya Golkar pasti bergabung dengan PDIP jika Pak Valens ditetapkan sebagai calon dari PDIP. Jika tidak, kami akan bangun koalisi bersama partai lain,” tegas Ignas sebelum mengakhiri pembicaraan. (rag)

Topik:
News:

No comment for Pleno Golkar Flotim Hasilkan Sembilan 4 Balon Bupati dan 5 Balon Wabup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.