Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Plan Lembata Gelar Lomba Tari Dan Cerita; Camat: Yang Menang Jadi Wakil Buyasuri

Plan Lembata Gelar Lomba Tari Dan Cerita; Camat: Yang Menang Jadi Wakil Buyasuri

(174 Views) June 26, 2018 12:52 am | Published by | No comment

Camat Buyasuri, Paulus Marang

TUBUNG WALANG, aksiterkini.com – Ribuan penonton memadati halamaan kantor desa Tubung Walang, Minggu (24/6/2018). Mereka menyaksikan pertunjukan seni tari dan cerita beregu oleh anak-anak dampingan Plan Internasional Area Lembata.

Kegiatan ini merupakan Pertemuan Keluarga Dampingan dan Event Anak tingkat kecamatan Buyasuri dalam rangka mengembangkan bakat anak. Ini juga merupakan upaya menjaga dan melestarikan seni budaya, khususnya tarian asli Kedang. Panitia juga menggelar lomba cerita beregu tentang pentingnya Akta Kelahiran bagi anak dalam menapak masa depannya.

Dari 17 desa dampingan Plan Internasional Area Lembata untuk wilayah kecamatan Buyasuri, yang hadir untuk mengikuti kegiatan perlombaan tarian hanya 10 desa dan untuk lomba cerita beregu 8 desa. Untuk lomba tari akan diikuti oleh anak yang berumur 7-12 tahun, sementara untuk cerita beregu anak usia 13-18 tahun.

Camat Buyasuri, Paulus Marang, S.Sos mengaku kecewa dengan desa-desa binaan Plan yang tidak terlibat pada perlombaan ini. Dia berharap agar desa-desa yang tidak terlibat kedepannya bisa aktif karena ini merupakan sebuah bentuk dalam mendukung anak.

Selain itu, Marang juga memberikan aperesiasi kepada Plan Internaionl Area Lembata yang telah bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Buyasuri dalam pengembangan untuk membentuk jati diri anak. Ia juga berharap agar anak-anak binaan Plan Internasional area Lembata khusus di kecamatan Buyasuri bisa berkreasi dalam mengembangkan tarian asli kedang yang semakin terkikis oleh perkembangan jaman, agar kebudayaan kedang tetap hidup dan berkembang.

Dalam sambutannya, Camat Paulus juga menyampaikan, bahwa pada kegiatan lomba ceritera beregu tentang pentingnya Akta Lahir bagi seorang anak adalah sebuah rangsangan atau dorongan agar anak yang belum memiliki segera mengurusnya. Menurutnya, akta merupakan surat pengakuan negara kepada warga negara secara sah, sehingga wajib hukumnya bagi semua orang dan terkhusus anak-anak.

“Akta Lahir sangat penting bagi seorang anak, jika anak hendak menempuh pendidikan, akta juga merupakan salah satu syarat”, kata Marang.

Peserta lomba dari Desa Bareng sedang beraksi, (Foto: Sius Leumolong)

Karena itu, kepada semua masyarakat kecamatan Buyasuri dan juga para kepala desa yang hadir, Marang berpesan agar serius dalam memperhatikan dan mengurus akta bagi yang belum memilikinya.

Bagi semua peserta lomba baik seni tari maupun ceritera beregu tentang pentingnya akta lahir, Paulus Marang berpesan agar dalam perlombaan para peserta harus mampu menunjukan yang terbaik karena yang akan keluar sebagai juara akan mewakili Buyasuri ke tingkat kabupaten.

“Peserta lomba yang akan menang, pasti mewakili kecamatan buyasuri untuk lomba di tingkat kabupaten, karena itu tunjukan yang terbaik,” tutup Marang.

Sementara itu, coordinator plan area Lembata, Ignas menyampaikan, kegiatan perlombaan ini merupakan sebuah proses transfer ilmu dari generasi ke generasi. Sehingga anak-anak jaman sekarang bakatnya harus dikembangkan atau diwujudkan dalam setiap kegiatan apalagi kebudayaan Kedang yang kian tergerus oleh perkembangan yang makin modern.

“Tunjukan kemampuan anda sebaik mungkin, kesempatan ini merupakan kesempatan emas bagi adik-adik karena hari ini merupakan hari berahmat buat kita”, kata Ignas.

Ignas pun melanjutkan, bahwa peserta lomba harus menunjukan apa yang sudah dilatih di masing-masing desa dan semoga apa yang akan dipentas merupakan hasil yang terbaik.

Dalam kegiatan ini tampak hadir pula beberapa kepala desa, tokoh masyarakat desa setempat, pendamping dan relawan plan masing-masing desa yang mengikuti lomba, anggota Karang Taruna Desa Tubung Walang selaku pelaksana kegiatan, dan masyarakat sekitar.(Sius)

No comment for Plan Lembata Gelar Lomba Tari Dan Cerita; Camat: Yang Menang Jadi Wakil Buyasuri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.