Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » PLAN Gelar Festival Seni Budaya Anak Lembata Kampanyekan Akta Kelahiran

PLAN Gelar Festival Seni Budaya Anak Lembata Kampanyekan Akta Kelahiran

(200 Views) July 13, 2018 3:54 pm | Published by | No comment

Forum anak Lembata yang dibentuk atas inisiatif Plan Internasional Program area Lembata (foto: tari baik)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Yayasan Plan International Indonesia untuk Program Implementasi Area Lembata menggelar festival seni dan budaya anak Lembata di Taman Swaolsa Tite Lewoleba, Sabtu (14/7/2018).  Festival bertajuk Akta Kelahiran Wujudkan Cita-Cita Anak ini melibatkan sedikitnya 350 anak.

“Kami akan terus kerjasama dengan Pemerintah dan Orang Tua untuk pastikan semua anak di Kabupaten Lembata tercatat kelahirannya dan memiliki akta kelahiran. Itu mendukung cita-cita anak,” ungkap Erlina Dangu, Field Sponsorship Manager (FSM) Yayasan Plan International Indonesia untuk Program Implementasi Area Lembata.

Perempuan yang akrab disapa None tersebut mengatakan, dari kerja kolaborasi berbagai pihak dengan pemerintah terutama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lembata, hinga akhir Juni 2018, sudah 74 persen anak Lembata yang telah tercatat dan memiliki akta kelahiran.

“Data tahun 2016, penduduk kategori anak berjumlah 50.928 jiwa dan 74 persen diantaranya telah miliki akta kelahiran. Namun bersama anak-anak, kita akan terus kampanyekan agar semua pihak mendukung kesuksesan pencatatan akta kelahiran anak. Akta Kelahiran itu terkait hak sipil, hak kewarganegaraan dan hak mendapatkan perlindungan sehingga dalam menggejar cita-citanya, tidak terkendala,” jelas None, sebagaimana ditulis dalam rilis yang diterima aksiterkini.com.

Oleh karena itu, tambah None, bersama ratusan anak Lembata, Plan akan mengkampanyekan “Katakan Kelahiran Mewujudkan Cita-cita Anak” melalui pagelaran Festival Seni dan Budaya Lembata. Sejumlah besar anak termasuk dari 5 (lima) kecamatan dampingan Plan akan tampilkan kreasi seni dan budaya untuk menyuarakan “Akta Kelahiran Mewujudkan Cita-cita Anak”. Sedikitnya 350 anak terlibat dalam festival yang akan digelar di Taman Swaolsa Tite Lewoleba, Sabtu (14/7/2018).

“Kami ajak anak-anak Lembata untuk mari bersama kami kampanyekan itu dengan cara mereka(anak-anak, red). Jadi pesan kampanye akan disampaikan dalam bentuk teater, poster, drama dan aneka kreasi seni lainnya. Lewat seni, mereka ingin suara mereka didengar orang dewasa dan pemerintah,” jelasnya.

Festival Seni Budaya Anak Lembata akan diawali karnaval yang dimulai dari Eks Kantor Bupati Lembata. Selain drum band, anak-anak akan menampilkan sejumlah pesan kunci “Akta Kelahiran untuk Cita-cita Anak-anak Lembata dengan poster-poster.”

Menuju Taman SwaolsaTite, anak anak akan menyuarakan pemenuhan hak mereka melalui sejumlah atraksi seni budaya. Beberapa sanggar seni seperti Alegra Lembata akan tampil termasuk beberapa sanggar anak dampingan Yayasan Plan seperti Sanggar Anak Aulesa dan Todanara akan unjuk suara lewat teater dan drama.

Selain itu, Forum Anak Kabupaten Lembata juga akan memandu talkshow dengan tema “Kekerasan terhadap Anak”.(*/fre)

No comment for PLAN Gelar Festival Seni Budaya Anak Lembata Kampanyekan Akta Kelahiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.