Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Plan dan Pemkab Lembata Curah Pendapat Tentang Roadmap dan Anggaran PAUD HI

Plan dan Pemkab Lembata Curah Pendapat Tentang Roadmap dan Anggaran PAUD HI

(548 Views) April 21, 2017 3:36 am | Published by | No comment

Forum curah pendapat yang digelar Plan Internasional Area Lembata. (foto: yosi kares)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Plan Internasional Area Lembata terus meningkatkan pelayanan dan perhatian terhadap generasi emas Lembata. Kamis, (20/4/2017), Plan menggelar Dengar Pendapat tentang Draff Road Map Pendidian Akan Usia Dini Holistik Integral (PAUD HI), di Hotel Palem Lembata, diikuti pemerintah daerah dan semua instansi yang berkaitan dengan anak usia dini.

Kepada aksiterkini.com, manejer Plan Internasional Indonesia Area Lembata, Muhammad Thamrin, menjelaskan bahwa selama ini semua instansi yang berkecimpung langsung dengan PAUD bekerja sendiri-sendiri.

“Nah, berdasarkan hasil diskusi pada pertemuan pembentukan Gugus Tugas PAUD Propinsi NTB tanggal 8 Desember 2015 di Kantor Bappeda NTB, ada beberapa kendala di tingkat propinsi maupun di tingkat kabupaten untuk mencapai target tersebut. Yaitu, sebagian besar kabupaten/ kota belum memiliki Gugus Tugas PAUD HI, dari 22 kabupaten/kota hanya 5 kabupaten (Sikka, TTU, TTS, Nagekeo, Lembata) yang sudah membentuk Gugus Tugas PAUD; Propinsi dan kabupaten lain belum memiliki perencanaan yang terpadu dalam bentuk Roadmap, sehingga masing-masing SKPD dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam PAUD HI masih jalan sendiri-sendiri; belum ada tools monitoring untuk implementasi PAUD HI; NTT belum memiliki standard minimal pelaksanaan PAUD HI,” jelas Thamrin.

Thamrin menjelaskan bahwa dalam Perpres Nomor: 60 Tahun 2013, salah satu tujuan khusus PAUD HI adalah terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan pemerintah daerah, dalam upaya pengembangan anak usia dini holistic integratif. Dalam rangka pelaksanaan PAUD HI, semua propinsi dan kabupaten diminta untuk membentuk Gugus Tugas PAUD yang bertugas untuk: koordinasi kebijakan, menyusun rencana kerja, mobilisasi sumber dana, koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi, dan melakukan advokasi.

“Nah, tujuan utama dari dengar pendapat bersama pemerintah dan DPRD kabupaten Lembata ini adalah untuk mendengarkan masukan/pendapat terkait draff dokumen Roadmap dan anggaran PAUD HI tahun 2017-2022 di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur,” jelas Thamrin.

Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk, dalam sambutan membuka kegiatan diskusi  menjeskan bahwa di Lembata ada 156 lembaga PAUD. Ya, “Di Lembata ada 156 Lembaga PAUD. Lembaga PAUD cukup memadai namun sarana dan juga honor untuk para pendidik masih belum memadai. Perhatian pemerintah juga belum maksimal. Syukurlah ada Plan yang mendampingi 79 desa yang ada PAUD,” jelas Manuk.(yosi kares)

No comment for Plan dan Pemkab Lembata Curah Pendapat Tentang Roadmap dan Anggaran PAUD HI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.