Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Pilkada Gubernur NTT dan 10 Bupati Habiskan Dana Rp 810 Miliar

Pilkada Gubernur NTT dan 10 Bupati Habiskan Dana Rp 810 Miliar

(563 Views) March 23, 2017 6:05 am | Published by | No comment

Juru bicara KPU NTT, Yosafat Koli

KUPANG, aksiterkini.com – Pelaksanaan Pilkada serentak yang berlangsung di 10 kabupaten bersamaan dengan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Timur pada 2018, diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 568 miliar. Jika ditambah dengan biaya pengamanan dan Bawaslu bisa mencapai Rp 810 miliar.

“Anggaran tersebut antara lain dimanfaatkan untuk Pemilu Gubernur NTT sebesar Rp 318 miliar dan Rp 250 miliar untuk membiayai kebutuhan Pilkada di 10 kabupaten, dengan asumsi masing-masing kabupaten membutuhkan dana sekitar Rp 25 miliar,” kata juru bicara KPU NTT Yosafat Koli di Kupang, Kamis (23/3//2017).

Ia mengatakan kebutuhan anggaran tersebut belum termasuk usulan dari Polri dan TNI untuk biaya pengamanan serta dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT yang mencapai sekitar Rp 242 miliar.

“Kalau dihitung-hitung, anggaran untuk Pilkada 2018 di NTT bisa mencapai Rp 810 miliar,” katanya dan menambahkan kebutuhan anggaran tersebut sudah dirasionalisasikan dengan pemerintah di 10 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada tahun depan.

Dengan demikian, kata Yosafat Koli, biaya yang seharusnya menjadi tanggungan APBD NTT, dialihkan seluruhnya ke masing-masing kabupaten sehingga menjadi tanggungan APBD II.

“Biaya yang dibebankan ke APBD II itu antara lain honor panitia pelaksana pada semua tingkatan di sepuluh kabupaten, karena tidak ada bantuan dari APBN untuk membiayai pelaksanaan pemilu gubernur dan wakil gubernur,” katanya. (at01/Antara NTT)

No comment for Pilkada Gubernur NTT dan 10 Bupati Habiskan Dana Rp 810 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *