Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Pilkada Flores Timur;  KPU Rekrut 3.073 Anggota KPPS untuk 439 TPS

Pilkada Flores Timur;  KPU Rekrut 3.073 Anggota KPPS untuk 439 TPS

(1531 Views) June 19, 2016 5:40 pm | Published by | No comment
Kornelis Abon

Kornelis Abon

LARANTUKA, aksiterkini.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Flores Timur berencana merekrut 3.073 orang menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di 439 Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017 mendatang.

Kepada aksiterkini.com, juru bicara KPU Flores Timur, Kornelis Abon menjelaskan bahwa pihaknya akan membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hari Rabu, 22 Juni 2016, lusa, hingga 26 Juni 2016. Sedangkan, pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilakukan pada tanggal 22 Juni hingga 8 Juli 2016. PPK dan PPS bersifat ad hoc.

“Kami akan merekrut 95 PPK untuk 19 Kecamatan dan 750 anggota PPS untuk 250 desa/kelurahan,” ujarnya.

Masing masing PPK akan dibantu 3 orang sekretariat PPK dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), dan di PPS akan dibantu 3 orang sekretariat dari aparatur/pegawai desa/kelurahan.

Sedangkan KPPS akan dibentuk pada tanggal 18 Nopember 2016 hingga 12 Januari 2017. “Melalui PPS akan direkrut 3.073 anggota KPPS untuk 439 TPS di seluruh wilayah Flotim. Di masing-masing TPS akan direkrut pula 2 orang tenaga keamanan dan ketertiban TPS dari warga setempat,” jelas dia.

Ia mengatakan seleksi dilakukan untuk mendapatkan PPK dan PPS dengan syarat tertentu seperti pendidikan minimal SMA/sederajat, umur minimal 25 tahun, punya integritas tinggi, independen, profesional. “Kita ingin dapatkan administrator pilbup yang handal untuk pemilu yang bermartabat.”

Informasi pendaftaran dan syarat dapat diperoleh di Kantor KPU Flotim, Kantor Camat dan Kantor Desa/ Kelurahan masing masing.

“Kita butuh orang-orang yang menjadi panitia ad hoc adalah mereka yang berdomisili di wilayah kecamatan dan desa/kelurahan bersangkutan sehingga memiliki pengetahuan komprehensif tentang wilayah kerjanya,” tegas Kornelis.

Disinggung mengenai lembaga pemantau Pilkada, Kornelis Abon mengatakan bahwa pihaknya belum menerima satupun lembaga yang mendaftarkan diri secara resmi ke KPU Flotim. “Kami sudah keluarkan pengumuman sejak 30 Mei lalu dan pendaftaran dibuka hingga 14 Januari 2017. Sampai sekarang belum ada yang mendaftar,” ujarnya.(max)

Topik:
News:

No comment for Pilkada Flores Timur;  KPU Rekrut 3.073 Anggota KPPS untuk 439 TPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.