Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Pertama Kali, Desa Lamadale Dikunjungi Bupati Sunur

Pertama Kali, Desa Lamadale Dikunjungi Bupati Sunur

(248 Views) May 31, 2018 5:29 am | Published by | No comment

Beri tanda didahi. Salah satu tokoh adat dan tuan tanah di desa Lamadale memberitanda dari tanah di dahi Bupati Lembata sebagai tanda agar Bupati dan rombongan dijaga leluhur selama berada di Lamadale. (Foto: Dok.Kominfo LBT)

LAMADALE, aksiterkini.com – Untuk pertama kalinya sejak desa Lamadale ada, baru kali ini Bupati Lembata datang di kampung halaman kami desa Lamadale. Sejak 27 Maret 1999 dan otonomi daerah 12 Oktober 1999, sejak 10 tahun kepemimpinan sebelumnya, baru pada periode kedua Bupati Eliaser Yentji Sunur yang berpasangan dengan Thomas Ola Langodai baru orang nomor 1 di daerah ini datang  di desa kami. Terima kasih banyak Bapak Bupati Lembata.

Demikian kepala desa Lamadale mengawali sapaannya selaku tuan rumah menyambut kedatangan Bupati dan rombongan yang untuk pertama kalinya berkunjung  ke desa Lamadale pada hari Senin (28/5/2018).

Terhadap kedatangan Bupati pertama kalinya di Lamadale itu tokoh adat dan tuan tanah setempat memberikan tanda titik pada dahi Bupati Lembata dengan tanah  saat penjemputan sebagai tanda bahwa leluhur lewotana Lamadale meretui sekaligus menjaga bupati dan rombongan selama berada di desa Lamadale.

Gabriel, seorang tokoh pemuda mewakili kaum muda di desanya, mengungkapkan, rasa terima kasihnya pada bupati dan rombongan yang datang di desa Lamadale. Dia meminta agar di Desa Lamadale harus ada club bola kaki  dan  juga club volly ball sendiri selayaknya desa-desa lain di Kabupaten Lembata.

Terkait permintaan tersebut Bupati Lembata akan memberikan bantuan kostum olahraga sambil mengajak generasi muda di Lamadale agar berlatih keras dan berkompetisi dalam kegiatan gala desa dengan ikut bertanding dari tingkat desa, antar kecamatan di kabupaten dan yang juara di kabupaten akan mewakili Lembata ke Provinsi dan ke pusat.

Seorang warga desa Maria Uri Tapo (56 Thn) yang ditemui usai acara di Balai Desa Lamadale soal kedatangan pertama kalinya orang nomor 1 di Lembata itu menyatakan, “Kami gembira bupati dan rombongan bisa datang di desa kami. Dari dulu orang besar tidak pernah datang di desa kami ini. Biar mereka datang bisa lihat sendiri kesulitan kami di kampung ini. Tapi dari dulu itu kami masyarakat sini tolak tambang jadi tolak tambang harga mati.”

Mama Maria dengan tampak serius. Rupanya dokrin tentang tolak tambang sudah mendarah daging sehingga ia menyambungnya secara spontan tanpa menghiarukan topik apa yang sedang dipercakapkan.  Masyarakat desa Lamadale mengekspresikan perasaan gembiranya dalam kunjungan kerja itu dengan membawakan tarian beku bersama dan disaksikan bupati dan undangan yang hadir. (M. Molan/Dinas Kominfo Lembata)

No comment for Pertama Kali, Desa Lamadale Dikunjungi Bupati Sunur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.