Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Persoalkan Ijazah Bupati Sunur, SIMPEL Gelar Mimbar Bebas di Depan Margasiswa PMKRI

Persoalkan Ijazah Bupati Sunur, SIMPEL Gelar Mimbar Bebas di Depan Margasiswa PMKRI

(678 Views) June 10, 2016 1:32 pm | Published by | No comment

SIMPEL mimbar bebasKUPANG, aksiterkini.com — Solidaritas Mahasiswa Peduli Lembata (SIMPEL) Kupang terus melancarkan aksi mempersoalkan proses hukum ijazah sarjana teknik yang dikantongi Bupati Eliaser Yentji Sunur. Kali ini, mereka menggelar mimbar bebas di depan gedung Margasiswa PMKRI Cabang Kupang Santo Fransiskus Xaverius, Jalan Soeharto nomor 20.

Dalam mimbar bebas yang digelar Jumat (11/6), para aktivis SIMPEL secara bergantian menyampaikan orasi. Rata-rata mereka mendesak penyidik Polda NTT agar tidak main-main dalam menangani kasus dugaan penggunaan ijazah aspal (asli tapi palsu). Bahkan, mereka meminta agar Gubernur NTT, Frans Lebu Raya segera mencopot Yentji Sunur dari jabatannya sebagai Bupati Lembata.

Margasiswa yang terletak persis di depan markas Polda NTT, dan berdekatan dengan kawasan pertokoan sehingga cukup ramai. Ada pengguna jalan sempat berhenti menyaksikan anak-anak muda melakukan orasi.

Sebetulnya, SIMPEL sendiri sudah menemui petinggi Polda NTT, Senin (6/6) lalu. Namun mereka masih mencurigai ada upaya untuk menghentikan penyidikan kasus ini. Sehingga mereka kembali menggelar aksi mimbar bebas.

Koordinator SIMPEL, Iggo Halimaking dalam orasinya mendesak Gubernur NTT, Frans Lebu Raya agar mencopot Eliazer Yentji Sunur dari jabatannya sebagai bupati Lembata.

“Sudah jelas dengan surat dari Kementrian dan Kopertis Wilayah III, yang menyatakan bahwa nama Eliazer Yentji Sunur, tidak ditemukan dalam pangkalan data. Kami memiliki data-data tersebut. Data dari pansus (DPRD Lembata-Red) beserta video penyelidikan telah kami miliki. Oleh karena itu, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, segera surati Kemenristekdikti agar segera mencopot Eliazer Yentji Sunur dari jabatannya sebagai bupati Lembata,” tandas mantan ketua Ammapai.

Halimaking kepada aksiterkini.com menjelaskan bahwa setelah mimbar bebas ini akan ada aksi yang lebih besar lagi.
Selain menggelar mimbar bebas, SIMPEL juga menyurati Ombudsman NTT di Kupang. Diharapkan, Ombudsman bisa ikut mengawal proses hukum yang sedang ditangani penyidik Polda NTT. (osy)

Topik:
News:

No comment for Persoalkan Ijazah Bupati Sunur, SIMPEL Gelar Mimbar Bebas di Depan Margasiswa PMKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.