Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Pernyataan Sikap FORMASI PILKADA FLOTIM: Kutuk Aparat Birokrasi Pemkap Flotim

Pernyataan Sikap FORMASI PILKADA FLOTIM: Kutuk Aparat Birokrasi Pemkap Flotim

(1388 Views) June 7, 2016 12:55 am | Published by | 1 Comment

Oktovianus Kewohon

KUPANG, aksiterkini.com – Forum Mahasiswa Peduli Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Flores Timur (FORMASI PILKADA FLOTIM) mengutuk aparat birokrasi Pemkab Flotim yang dinilai telah mencederai martabat pelaksanaan demokrasi Lewotanah Flores Timur. Ini tertuang dalam pernyatan sikap mereka yang disampaikan ke Bawaslu NTT.
Pernyataan sikap Koordinator Umum Formasi, Oktovianus Kewohon, Sekretaris Jenderal, Beatus Ado Kedang disampaikan pula kepada Yossy Kares dari aksiterkini.com di Kupang. Berikut petikan lengkap pernyataan sikap itu:
Peran panitia pengawas pemilihan umum disetiap tingkatan baik tingkat nasional sampai desa sangat strategis dalam menghasilkan proses demokrasi yang berintegritas. Kualitas demokrasi yang berintegritas dapat diukur melalui peran pengawasan yang dilakukan secara objektif. Objektivitas peran pengawasan yang optimal mengisyaratkan personalia pengawas bebas dari kepentingan politik apapun.
Mencermati dinamika penetapan anggota Panwaslu Kabupaten Flores Timur yang kini tengah berkembang terutama kontroversi rekemendasi Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur beserta birokrasi Pemerintah Kabupaten Flores Timur tampak sangat “bernuansa politik”. Polarisasi politik ini tentu akan berdampak pada proses rekruitmen penetapan anggota Panwaslu Kabupaten Flores Timur. Semenetara itu rakyat Flores Timur menginginkan agar proses rekruitmen yang dilakukan Bawaslu NTT harus bebas dari kepentingan politik atau kepentingan golongan manapun.
Oleh karena itu kami menyampaikan pokok-pokok pikiran sebagai berikut :
1. Bahwasanya proses seleksi anggota Panwaslu yang dilakukan tim seleksi telah selesai dilaksanakan dan harus menjadi dasar dari proses penentuan anggota Panwaslu Kabupaten Flores Timur.
2. Bahwasanya berbagai dinamika yang dimainkan Birokrasi Pemerintah Kabupaten Flores Timur akhir-akhir ini “bermotif politik” untuk mempengaruhi Bawaslu NTT dalam proses penetapan Panwaslu Kabupaten Flores Timur.
Atas pokok-pokok pikiran kami diatas maka kami menyatakan sikap sebagai berikut :
1. Meminta dengan hormat kepada Bawaslu NTT agar menetapkan anggota Panwaslu Kabupaten Flores Timur seobyektif mungkin sesuai hasil seleksi tanpa dipengaruhi oleh kepentingan apapun.
2. Mengutuk aparat birokrasi Pemerintah Kabupaten Flores Timur yang dengan alasan birokrasi telah mencederai martabat pelaksanaan demokrasi Lewotanah Flores Timur.
3. Memohon dengan hormat kepada rakyat Flores Timur untuk mengkawal proses demokrasi ini secara bermartabat.(*)

Topik:
News:

1 Comment for Pernyataan Sikap FORMASI PILKADA FLOTIM: Kutuk Aparat Birokrasi Pemkap Flotim

  • ade bapa says:

    Soal kewenangan bupati tidak harus diperdebatkan, hanya menjadi soal ketika penyalagunaan kewenangan untuk kepentingan politik tertentu. Itu jelas mencederai martabat kedaulatan rakyat atas hak-hak politiknya dalam pesta demokrasi 2017.Pejabat yang menyalagunakan kewenangan harus dilawan oleh berbagai lapisan kekuatan rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.