Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Permata Tolak Radikalisme, Maria Loka: Anak-Anak Harus Mencintai Bangsa Ini

Permata Tolak Radikalisme, Maria Loka: Anak-Anak Harus Mencintai Bangsa Ini

(180 Views) May 17, 2018 6:43 pm | Published by | No comment

Permata tolak radikalisme dan terorisme. (foto: Sius Leumolong)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pemerhati Peduli Perempuan dan Anak Kabupaten Lembata (Permata) mendeklarasikan anti radikalisme terhadap perempuan dan anak di Waikomo, Kelurahan Lewoleba Barat dengan tema ‘Bersatu Meredam Radikaliame’ Kamis (17/5/2018).

Puluhan anak mulai dari TK sampai SD turut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini. Hadir juga Pastor Paroki Arnoldus Janzen Waikomo, Yosep Ola Sabhe, SVD, pemerhati perempuan Kabupaten Lembata, Hani Candra, biarawan dan juga para orang tua.

Yosep Ola Sabhe dalam sambutannya menyampaikan agar anak bangsa ini terutama Lembata untuk tidak terprovokasi dengan situasi yang terjadi, yakni marak aksi terorisme.

Pater Ola sangat menentang radikalisme yang melibat anak-anak dan perempuan. Karena itu, ia berharap kepada orang tua dan masyarakat agar mendidik dan mengajari anak supaya tidak gampang terpengaruh dengan hal yang negatif.

“Pendekatan terhadap anak harus dilakukan dengan mendidik iman anak mulai dari keluarga, KBG, Lingkungan dan Masyarakat,” ungkap Pater Yosep Ola Sabhe.

Jika pendekatan ini dilakukan dengan baik, ia yakin aksi radikalisme bisa dihindari.

Hani Candra pun berharap agar keluarga harus memainkan perannya dalam mendidik anak dengan menanamkan moral dan cara berperilaku sesuai dengan rasa persaudaraaan persatuan bangsa indonesia.

Berdasarkan tema dari deklarisi anti radikalisme yakni ‘Bersatu Meredam Radikalisme’ dengan memperhatikan perkembangan kehidupan masyarakt, berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini secara khusus terkait dengan radikalisme dan terorisme.

Permata menyuarakan 4 (empat) point penting untuk menolak segala macam bentuk kekerasan yang melibatkan kaum perempuan dan anak. Yakni, (1) Kami berpegang teguh pada posisi masyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia tahun 1945, dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

(2) Kami bertekad dan membentuk perempuan dan anak yang memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, demokratis, jujur, berkeadilan dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip hak asasi perempuan, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa yang bernuansa nusantara.

(3) Kami menolak organisasi dan aktivitas yang berorentasi dan/atau berafiliasi dengan gerakan radikalisme, terorisme dan/atau organisasi kemasyarakatan/organisasi politik yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indinesia Tahun 1945.

(4) Kami mengajak seluruh komponen masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Lembata untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran paham atau idiologi yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Ketua Pemerhati Perempuan dan Anak Kabupaten Lembata (Permata), Maria Loka kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian atas tindakan radikalisme dan terorisme yang melibatkan perempuan dan anak. Menurut Loka, kegiatan ini juga sekaligus untuk menyongsong Hari Pendidikan Nasional yang ke-110 pada 20 Mei yang akan datang.

Selain itu, merupakan bentuk penolakan dari perempuan dan anak yang dilibatkan dalam aksi terorisme, padahal perempuan dan wanita harus dilindungi.

“Kita berharap dengan kegiatan ini, anak-anak dapat memahami dan mencintai bangsa ini sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” harap Loka. (Sius Leumolong)

No comment for Permata Tolak Radikalisme, Maria Loka: Anak-Anak Harus Mencintai Bangsa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.