Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Penyidikan Dugaan Mark Up Sound System DPRD Lembata Segera Rampung

Penyidikan Dugaan Mark Up Sound System DPRD Lembata Segera Rampung

(961 Views) May 8, 2017 4:59 am | Published by | No comment

AKBP Arsdo P. Simatupang

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pihak Kepolisian Resort (Polres) Lembata mengaku tidak mengalami hambatan dalam mengusut tuntas kasus dugaan mark up sound system dan CCTV di kantor DPRD Lembata. Namun, belum juga ada tersangka yang ditetapkan.

Informasi dihimpun aksiterkini.com polisi sudah mengantongi dua alat bukti dan tinggal selangkah lagi menetapkan tersangka. “Sejauh ini proses penyidikan tidak ada masalah, nunggu P21 aja,” ujar Kapolres Lembata, AKBP Arsdo P. Simatupang ketika ditanyai tentang perkembangan penyidikan kasus dugaan mark up dalam proyek pengadaan sound system dan CCTV bernilai Rp. 1 Miliar di DPRD Lembata itu.

Kapolres menampik jika ada pihak yang menghalangi-halangi proses penyidikan kasus tersebut, namun ia enggan menyebut kapan ditetapkan tersangka.

Hingga saat ini, Penyidik Tipikor Polres Lembata telah memeriksa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Petrus Bote Leni, Sekretaris DPRD, Burhanudin Kia, Pejabat Pengadaan, Rahman, Direktur CV Galilea History, Yohanes Penana.

Polisi juga telah memeriksa peralatan CCTV dan sound system di ruang sidang DPRD setempat.

Sementara itu, Sekretaris Dewan, Burhanudin Kia kepada BPK menjelaskan tidak mengakui terjadinya pemahalan harga (mark up). Menurutnya, pemahalan harga terjadi karena ketika itu terjadi fluktuasi kurs dollar terhadap rupiah yang berpengaruh pada kenaikan harga CCTV dan sound system.

Namun alasan itu dibantah oleh BPK dalam laporan hasil pemeriksaannya.

“Hasil pengujian Tim BPK atas nilai tukar kurs US dollar menurut situs Bank Indonesia, tidak terdapat perubahan kurs yang signifikan karena hanya sebesar 6,6%, sedangkan kenaikan harga sound system sebesar 35,48%,” demikian LHP BPK Tahun Anggaran 2015.(at07)

No comment for Penyidikan Dugaan Mark Up Sound System DPRD Lembata Segera Rampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.