Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Penyidik Polda NTT Segera Gelar Perkara Dugaan Ijazah Palsu Bupati Yentji Sunur

Penyidik Polda NTT Segera Gelar Perkara Dugaan Ijazah Palsu Bupati Yentji Sunur

(1125 Views) June 7, 2016 1:54 am | Published by | No comment
SIMPEL dialog

Delegasi SIMPEL dierima petinggi Polda NTT untuk berdialog.

KUPANG, aksiterkini.com – Kabid Humas Polda NTT, AKBP Jules A. Abast, S.Ik menegaskan penyidik Polda NTT tidak pernah mengeluarkan Surat Pemberitahuan Penghentian Penyidikan (SP3) kasus dugaan penggunaan ijazah palsu oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, ST. Penyidik baru akan melakukan gelar perkara kasus ini, satu atau dua pekan kedepan.

“Satu atau dua minggu kedepan kita akan gelar perkara kasus dugaan penggunaan ijazah palsu oleh Yentji Sunur, Bupati Lembata. Kita serius dengan kasus ini karena prioritas. Dan, karena prioritas maka sudah 14 saksi yang telah kita periksa secara marathon,” tegas Kabid Humas Polda NTT, AKBP Jules A. Abast, S.Ik.

Hal itu disampaikan Abast ketika menjawab pertanyaan utusan masa Aksi Solidaritas Masyarakat Peduli Lembata (SIMPEL), Vinsensius S. Prasong yang mempertanyakan lambatnya penanganan kasus ijazah palsu Bupati Lembata, Senin (6/6/2016). SIMPEL memang melihat ada ketidakberesan pendekatan yang dilakukan aparat kepolisian. Sebab, dalam kasus serupa yang melibatkan Kades Lewoeleng terpilih, Markus Corsini Raring, polisi sangat sigap dan langsung mencokok Raring dan mendekam di ruang tahanan Polres Lembata. Sedangkan, kasus dugaan serupa yang melibatkan Bupati Sunur justru berlarut-larut sampai sekarang.

Di Lembata, malah berkembang rumor bahwa kasus yang dilaporkan ketua Forum Penyelamat Lewotana Lembata (FP2L), Alex Murin, dan dilimpahkan penyidikannya ke Polda NTT, sudah dihentikan penyidikannya. Hal ini sudah sangat ramai diperguncingkan sehingga masyarakat bertanya-tanya gerangan apa pula yang terjadi di kalangan penyidik Polda NTT.

Namun Humas Polda NTT menegaskan bahwa Polda NTT sangat serius menangani kasus dugaan penggunaan ijazah palsu Bupati Sunur. Dia meminta masyarakat tidak terpancing rumor yang berkembang di kalangan masyarakat.

“Isu yang tidak benar itu. Kita kan belum gelar perkara itu, dan proses hukum untuk kasus ini akan dilakukan secara transparan. Oleh karena itu, masyarakat jangan percaya pada isu yang tidak benar,” tegas Kabid Humas Polda, Abast.

Kepada aksiterkini.com, Elias Keluli yang ikut bersama koleganya berdialog dengan petinggi Polda NTT, menyatakan, puas dengan sikap Polda NTT menerima massa unjukrasa. “Sikap mereka sangat simpatik. Mudah-mudahan gelar perakaranya juga simpatik dan tidak neko-neko,” ujarnya.(osy)

Topik:
News:

No comment for Penyidik Polda NTT Segera Gelar Perkara Dugaan Ijazah Palsu Bupati Yentji Sunur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.