Menu Click to open Menus
Home » NASIONAL » Pengerjaan Lokasi Puncak Harnus Mulai Dikebut

Pengerjaan Lokasi Puncak Harnus Mulai Dikebut

(902 Views) November 11, 2016 10:34 am | Published by | No comment
piter-manuk2

Drs. Sinun Petrus Manuk, Penjabat Bupati Lembata

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Kendati pelaksanaan Hari Nusantara, 13 Desember atau tinggal sebulan lagi, namun pemerintah Lembata belum merampungkan pengerjaan lokasi puncak peringatan Hari Nusantara, yang terletak di areal pelabuhan laut Lewoleba. Namun demikian, Pemerintah Lembata memberi garansi, pekerjaan lokasi Harnus akan rampung 30 November mendatang.

Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk saat memberi sambutan pada rapat koordinasi Harnus tingkat Nasional di Lewoleba, Kamis (10/11) menjelaskan, pihaknya telah menggelontorkan anggran senilai Rp 400 juta untuk membangun lokasi puncak peringatan Hari Nusantara di Lembata.

“Saat ini Lembata sedang bergelora menata birokrasi, menata tampilan kota menjadi lebih elok agar siap menampung tamu yang datang dari penjuru negeri. Selain bekerja, kami juga berdoa kusus agar Bapa Presiden Jokowi bisa menginjakan kaki di Lembata. Tentang lokasi puncak perayaan harnus, di pelataran Pelabuhan Laut Lewoleba, kami targetkan selesai 30 November 2016,” ujar Sinun Petrus Manuk.

Penjabat Bupati Lembata, menegaskan, pihaknya telah perintahkan Dinas PU dan kontraktor pelaksana untuk mempercepat penyelesaian pembangunan lokasi Harnus. Caranya dengan menambah armada (truk), mendekatkan lokasi kuari dan menambah jam kerja hingga pukul 23.00 Wita.

Disebutkan, ada dua kendala yang dialami Pemkab Lembata yakni akomodasi dan mobilitas. Namun, disebutkan kendala mobilitas dapat diatasi dengan bantuan 10 buah bus DAMRI yang ditanggung Kementerian Dalam Negeri, 10 buah bus juga didatangkan dari Kupang serta puluhan minibus.

Berkaitan kekurangan fasilitas hotel, pemerintah setempat telah memanfaatkan rumah-rumah warga hingga semua Kepala Dinas sebagai tempat menginap para tamu. Selain itu, pemerintah juga sudah bekerjasama dengan kapal besar milik Pelni sebagai hotel terapung.

Infrastruktur jalan yang selama ini menjadi momok di Lembata juga sudah mulai dikerjakan, dengan memanfaatkan anggaran senilai Rp 2 miliar.

“Pengerjaan jalan diutamakan jalan menuju lokasi Harnus. Kita hotmix semua jalan yang berlubang, tetapi masih ada jalan yang rusak yang tidak sanggup dikerjakan pemerintah. Inilah kami dengan segala keterbatasan. Kami butuh Jakarta untuk bersama kami orang Lembata merasakan kondisi ini. Meski serba kekurangan, kami nyatakan siap menjadi tuan rumah Harnus 2016. Lembata sampai kapanpun tetap utuh sebagai bagian dari NKRI,” ujar Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Endang Tri Setyasih ketika membuka Rakornas Harnus di Aula Hotel Palm Lewoleba menyebutkan, setelah menggelar Rakornas Harnus, Mendagri, Cahyo Kumolo bersama jajarannya dijadwalkan akan sampai di Lembata, 17 November nanti.

Menurutnya, kabupaten Lembata, NTT dipilih sebagai daerah terluar Indonesia yang harus mendapatkan perhatian pemerintah pusat.

“Bapak Presiden sendiri yang memutuskan Lembata sebagai tuan rumah puncak perayaan Harnus karena sejalan dengan program Nawacita, membangun Indonesia dari pinggiran. Lembata juga masih asli dan alami serta memiliki potensi yang luar biasa. Masih banyak hal yang perlu dibenahi di Kabupaten Lembata. Harnus adalah momen penting agar Lembata dikenal di kancah Nasional maupun Internasional,” ujar Setyasih.

Sekretaris Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Endang Tri Setyasih juga menyebutkan, Rakornas Harnus di Lembata dimaksudkan untuk membantu memberikan dukungan moril dan material untuk suksesnya penyelenggaraan Hari Nusantara.

“Ketika melihat lokasi puncak peringatan hari Nusantara, saya sendiri merasa khawatir, tetapi setelah melihat tingginya antusiasme pejabat di lingkup Propinsi maupun Kabupaten serta masyarakat setempat menyambut Harnus, kekhawatiran itu sirna. Mohon ketika ada masalah segera koordinasikan untuk mencarikan solusi,” ujar Setyaningsih.(santa)

Topik:
News:

No comment for Pengerjaan Lokasi Puncak Harnus Mulai Dikebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *