Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Pencetakan E KTP Terkendala Proses Verifikasi Penunggalan NIK

Pencetakan E KTP Terkendala Proses Verifikasi Penunggalan NIK

(377 Views) October 23, 2017 11:57 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Program penunggalan NIK yang dilakukan Ditjen Kependudukan Pencatatan Sipil pusat disebut-sebut menjadi kendala utama lambannya pengurusan E KTP di daerah. Akibatnya, pencetakan E-KTP di daerah masih terhambat. Di Lembata, warga mengeluhkan pengurusan E-KTP memakan waktu hingga sebulan.

“Pelayanan KTP tetap berjalan seperti biasa. Blanko KTP masih tersedia. Kalau ada keluhan warga tentang lambatnya pengurusan KTP, ini terkait proses Verifikasi Penunggalan NIK yang dilakukan oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Wenseslaus Pukan.

Dijelaskan, setelah dilakukan verifikasi dan dinyatakan ok atau Print ready record, maka KTP elektronik yang bersangkutan diperintahkan untuk dicetak.

“Kita tetap lakukan perekaman atau foto dan dikirim ke pusat tetapi untuk di cetak masih bermasalah karena proses verifikasi NIK penduduk yang tersebar di 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi se Indonesia. Proses penunggalan NIK penting sebab, selama ini satu orang bisa punya NIK lebih dari satu, jadi pihak Dukcapil pusat sangat ketat lakukan penunggalan NIK,” ujar Kadis Dukcapil Kabupaten Lembata, Wensealaus Pukan.

Pelayanan E-KTP di Kabupaten Lembata, NTT hingga kini masih terkendala. Proses perekaman dan pelayanan terus dilakukan, namun warga yang mengurus KTP tidak segera mendapatkan E KTP. Untuk mebgatasi kendala itu, Dukcapil setempatpun mengeluarkan Surat Keterangan Penduduk sementara. (Hosea)

No comment for Pencetakan E KTP Terkendala Proses Verifikasi Penunggalan NIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.