Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Pemdes Sinarhadigala Sesalkan Sikap Pimpinan PDAM Larantuka Terkait Sumber Air Beloaja

Pemdes Sinarhadigala Sesalkan Sikap Pimpinan PDAM Larantuka Terkait Sumber Air Beloaja

(990 Views) June 2, 2016 8:12 am | Published by | No comment
mata air beloaja

Salah satu dari dua sumber mata air di Beloaja yang akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Larantuka.

LARANTUKA, aksiterkini.com – Informasi tentang sumber mata air Beloaja yang disampaikan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Larantuka, Petrus Peren Lamanepa, ST dalam sidang gabungan Komisi DPRD Kabupaten Flores Timur mengundang keprihatinan Pemerintah Desa Sinarhadigala, Kecamatan Tanjung Bunga. Mereka menyayangkan keterangan pimpinan PDAM yang berbeda dengan kondisi riil di lapangan.

“Orang PDAM dua kali datang ke desa kami untuk melihat mata air yang mau dikerjakan untuk pemasangan pipa air ke Larantuka. Yang terakhir mereka datang dengan orang dari Jakarta, dan diantar oleh staf saya, kepala dusun IV, tapi mereka tidak sampai di mata air,” jelas Kepala Desa Sinarhadigala, Siprianus Keladu Kelen, ketika dihubungi aksiterkini.com melalui handphone tadi pagi, Kamis (2/6).

Hal senada disampaikan Sekretaris Desa Sinarhadigala, Wilhelmus Talu Welan. Dikatakan, staf PDAM bersama seorang temannya dari Jakarta hanya mengukur debit air pada salah satu jalur aliran air. “Orang itu bilang debitnya sangat besar, sekitar 80-an liter per detik. Mereka ukur pake alat yang mereka bawa, kami tidak tahu namanya alat itu. Tapi, yang diukur hanya pada salah satu jalur sungai, padahal ada beberapa jalur sungai,” jelas Talu Welan.

Talu Welan maupun Keladu Kelen menegaskan bahwa sungai yang diukur, airnya lebih kecil daripada mata air yang mau dipakai untuk pemasangan pipa ke Larantuka. “Tapi, letak mata air itu di atas tinggi, sehingga mereka bilang tidak usah ke atas lagi. Sehingga mereka tidak sampai di mata air itu,” ujar Talu Welan, yang diamini Keladu Kelen.

Keduanya mengaku prihatin dengan sikap pimpinan PDAM Larantuka yang seolah-olah tidak sejalan dengan Dinas PU Flores Timur. “Kami di desa sini sangat mendukung pengambilan air disini untuk kebutuhan sesama keluarga di Larantuka. Jadi cobalah kedua instansi itu bicara baik-baik dan tidak saling mempersoalkan. Kalau airnya masih kurang, kami siap kasih tambah mata air lain lagi. Disini kami punya cukup banyak mata air,” tandas Kades Keladu Kelen.

Dia menuturkan bahwa para tokoh adat dan tokoh masyarakat desanya sudah melakukan musyawarah dan bersepakat untuk menyerahkan mata air yang ada kepada pemerintah Flores Timur untuk memasuk air ke Larantuka. “Kami sudah bertemu Pak Wakil Bupati untuk menyerahkan mata air itu. Dan, waktu sidang di DPRD, saya juga sudah menyampaikan kepada pak wakil bupati, kalau airnya kurang, bisa kami tambah lagi mata air. Tapi, pak wakil bupati bilang, nanti Dinas PU juga akan rapat dengan DPRD,” jelas Kades Keladu Kelen, yang mengaku melihat adanya perbedaan pandangan itu dari facebook.

Dia juga menuturkan bahwa dirinya sudah menanyakan kepada Kepala Dinas PU Flores Timur soal waktu pengerjaan pemasangan pipa. “Tapi, pak kadis bilang masih harus presentasi dari konsultan dan masih ada prosedur lain yang harus dilewati. Bagi kami di Sinargala, lebih cepat dikerjakan lebih baik lagi,” tutur kades Keladu Kelen, seraya menambahkan, “Kami mendukung penuh, masyarakat juga mendukung penuh”.

Sejumlah kalangan di Larantuka menyayangkan sikap pimpinan PDAM yang tidak melihat upaya Dinas PU mendatangkan air dari sumbar mata air di Beloaja, Kecamatan Tanjung Bunga untuk mengatasi krisis air bersih di Kota Larantuka. “Ada apa di PDAM sehingga mereka ribut dengan pekerjaan orang lain? PDAM itu urus distribusi air dalam kota Larantuka, bukan sibuk dengan urusan penambahan air baku,” ujar Lewiju, seorang warga Larantuka.

Sumber-sumber aksiterkini.com menyebutkan bahwa konsultan perencana PT Bina Sarana Ekatama yang memenangkan tender perencanaan peningkatan SPAM Kota Larantuka sudah menuntaskan pekerjaannya. Masih menurut yang sama, sedianya pekan depan dilakukan presentasi hasil survey dan perencanaan. Namun karena pihak-pihak terkait di Dinas PU Flores Timur sedang berada di luar daerah, maka kegiatan tersebut ditunda ke pertengahan bulan ini. Mereka siap mempresentasekan ke hadapan DPRD Flores Timur.(fre)

Topik:
News:

No comment for Pemdes Sinarhadigala Sesalkan Sikap Pimpinan PDAM Larantuka Terkait Sumber Air Beloaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *