Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Pejabat Dikti Kaget Nama Yentji Sunur Muncul Dalam PDDIKTI; Polda Simpulkan Tak Penuhi Unsur Pidana

Pejabat Dikti Kaget Nama Yentji Sunur Muncul Dalam PDDIKTI; Polda Simpulkan Tak Penuhi Unsur Pidana

(3692 Views) June 30, 2016 12:56 am | Published by | 2 Comments
PD Dikti

Profil Mahasiswa pada Pangkalan Data DIKTI

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Kepala Subdit Pengakuan Kualifikasi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ir. Dharmita Chandra, M.Si kaget mendengar kabar kalau nama Eliaser Yentji Sunur sudah muncul dalam Pangkalan Data (PD) DIKTI. Padahal, sebelumnya, dia sudah memberi keterangan kepada penyidik Polda NTT. Pihak Polda NTT menyatakan kasus dugaan ijazah palsu tidak dapat ditingkatkan ke penyidikan.

“Ah koq bisa ya?” ujar Dharmita Chandra singkat ketika dihubungi anggota DPRD Lembata yang juga anggota panitia angket, Palmasius Gokok, Rabu (29/6/2016), melalui telepon selulernya. Kepada Dharmita Chandra, Gokok menjelaskan mengenai isi Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) IV yang menyebutkan bahwa nama Eliazer Yentji Sunur sudah terdata dalam pangkalan data Dikti.

SP2HP yang diterbitkan Polda NTT tanggal 27 Juni 2016, nomor: B/146/VI/2016/Direskrimum, ditandatangani Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda NTT, AKBP Yudi A. B Sinlaeloe, S.IK, menegaskan bahwa Polda sudah melakukan gelar perkara, dan kasus dugaan ijazah palsu tidak memenuhi unsur pasal 263 ayat (1) dan (2), dan tidak dapat ditingkatkan ke penyidikan.

Alasannya, selain menyatakan bahwa Eliazer Yentji Sunur sudah terdata dalam pangkalan data Dikti, juga menjelaskan bahwa Yentji Sunur merupakan mahasiswa pindahan. Ya, “Surat keterangan pindah nomor 77/WM.H/Ket/92, tanggal 31 Agustus 1992 ditandatangani oleh Rektor Universitas Katolik Widya Mandira Kupang (dilegalisir oleh Rektor) dan Transkip Nilai an. Eliazer Yentji Sunur ditandatangani oleh Pembatu Dekan I Fakultas Teknik Unika Widya Mandira Kupang an. Ir. Blasius Nahak tanggal 31 Agustus 1992 (dilegalisir oleh Dekan Fak. Teknik) adalah Sah prodak Dokumen dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang,” tulis Sinlaeloe dalam SP2HP.

Dijelaskan pula bahwa Ijazah Strata Satu/S1 Sarjana Teknik/ST No. Ijazah : 339/A.0503/SI.TS/I/2005, an. Eliazer Yanje Sunur yang diterbitkan Universitas Krisnadwipayana pada tanggal 21 Februri 2005, ditandatangai Rektor Prof. Dr. H.H Matondang, SE,MA (terdapat tanda cap rektor dalam bentuk Embosi/Timbul) dan Dekan Fakultas Teknik Ir. Rusjdi Hadjrat (terdapatcap basah Fakultas Teknik) adalah Sah, yang tercatat pada buku induk ijazah Universitas Krisnadwipayana.

“Transkip Akademik Nomor: 399/A.07.04/FT/II/2005, nama mahasiswa Eliazer Yentji Sunur, NPM 95411457/TS, Jenjang Pendidikan Strata Satu (S1), Fakultas Teknik, Program Studi: Teknik Sipil, ditandatangani oleh Rektor Universitas Krisnadwipayana, Prof. Dr. H.H. Matondang, SE,MA dan dekan Ir. Rusjdi Hadjrat tanggal 14 Februari adalah sah atas pemenuhan 144 SKS,” jelas Sinlaeloe.

Lebih lanjut, dia menegaskan, “Mendasari keterangan saksi ahli bahwa tidak terdatanya nama mahasiswa ELIASER YENTJI SUNUR pada Pangkatan Data DIKTI, tidak menentukan sah atau tidaknya, ijazah.”

Alasannya, ijazah Yentji Sunur diterbitkan oleh kampus yang memiliki operasional dan terakreditasi. Pun, namanya sudah muncul dalam Pangkalan Data DIKTI.

Eliaser Yentji Sunur sebagaimana data profil mahasiswa yang dimuat www.forlap.ristekdikti.go.id adalah mahasiswa Teknik Sipil S1 pada Univeritas Krisnadwipayana dengan status awal mahasiswa pindahan semester dengan tanggal lulus 29 Januari 2005 dan nomor seri ijazah tertulis 399/A.05.03/S1.TS/I/2005. Tertulis tahun awal masuk 2003. Padahal, Sunur mendaftar di Universitas Krisnadwipayana pada tahun 1995.

Anehnya, kendati menyandang status awal sebagai mahasiswa pindahan, namun nama perguruan tinggi sebelumnya sebagaimana yang dimuat website Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hanya tertulis: 11060a05-5dff-4c03-a429-3751b89038ef, dan program studi sebelumnya hanya tercatat: 4367886e-01a1-4e2d-a1f2-e9833e924e2. (osy)

Topik:
News:

2 Comments for Pejabat Dikti Kaget Nama Yentji Sunur Muncul Dalam PDDIKTI; Polda Simpulkan Tak Penuhi Unsur Pidana

  • yoseph Benidau. says:

    Mantap sekali sesuai harapam masy. Lembata agar bp Yenci Sunur dapat maju lagi dalam PILKADA 2017. Tuhan dan Lewotanah Lembata merestui. Bravo Pak Yenci sunur.

  • Donatus says:

    Luar biasa sekali…dalam tempo yg cukup lama terjawab teka teki itu. “sudah” artinya sebelumnya “tidak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.