Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Peduli Lingkungan, Paroki Kristus Raja Wangatoa Tanam Ribuan Anakan Cendana

Peduli Lingkungan, Paroki Kristus Raja Wangatoa Tanam Ribuan Anakan Cendana

(57 Views) January 11, 2018 7:57 am | Published by | No comment

WANGATOA, aksiterkini.com — Paroki Kristus Raja Wangatoa terus menggalakan berbagai aksi mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dan peningkatan iman umat. Salah satunya, dengan cara menggalakan penanaman tanaman umur panjang.

Sabtu (6/01/2018), Paroki Kristus Raja Wangatoa bekerjasama dengan berbagai pihak, melakukan aksi tanam 2500 anakan cendana.  Lebih dari 100 orang dari berbagai unsur terlibat. Aksi tanam pohon sebagai gerakan cinta lingkungan ini melibatkan unsur Orang Muda Katolik (OMK), 29 orang Frater penghuni wisma Arnoldus Jansen-Ledalero yang sedang melakukan kegiatan life in di Paroki Kristus Raja Wangatoa, Umat Basis dan belasan anggota Tim Tagana Lembata.

Sekitar 200 anakan cendana ditanam di lokasi Pekuburan umum Lingkungan Wangatoa, 20 anakan cedana ditanam di halaman gereja. Sisa anakan cendana lainnya segera disebar ke sekolah yang berada dalam paroki Kristua Raja Wangatoa, juga ke rumah umat basis.

Pastor Paroki Kristua Raja, Romo Wens Herin, Pr dan para pengurus lingkungan terlibat dalam aksi tanam pohon ini.

Pastor Paroki Kristus Raja Wangatoa, Romo Wens Herin, menjelaskan, aksi tanam 2500 anakan pohon cendana, merupakan wujud kepedulian gereja terhadap lingkungan hidup.

“Gereja tidak saja hanya menghimbau, tetapi harus terlibat bersama umat untuk tanam dan melestarikan alam. Selain menjadi program paroki, aksi menanam pohon juga menjadi bagian dari aksi tahun ekologi,”

Sisa anakan yang belum ditanam, rencananya Minggu 7/01/2018 akan disebar ke rumah umat basis dan sekolah. Romo wens menghimbau agar umat berupaya untuk rawat agar tanaman cendana ini bisa hidup dan bermanfaat.

Dijelaskannya, 2.500 anakan cendana ini adalah sumbangan dari Dinas Kehutanan Lembata.

Ditengah kesibukannya menanam anakan cendana, Romo Wens tak lupa menyampaikan terima kasih kepada umat Paroki Kristus Raja, para pengurus lingkungan dan KBG, Tim Tagana Lembata, Dinas Kehutanan juga semua pihak yang terlibat dan mendukung aksi tanam pohon.

Sementara itu ketua rombongan frater Ledalero, Ronan Limaheken, di sela kesibukan menanam pohon mengatakan, kegiatan tanam pohon yang melibatkan orang muda Katolik juga umat basis, adalah hal positif dan harus terus digalakan. Mewakili 29 orang rekannya, Calon Imam dari Tarekat SVD itu bangga bisa terlibat dalam upaya menjaga dan lestarikan lingkungan. Baginya, anakan cendana adalah simbol dari harapan dan cita cita generasi muda lembata.

“Tanam pohon ini tidak masuk dalam agenda life in. Jadi kami bangga bisa terlibat dalam kegiatan ini. Ini hal postif dan anak muda harus terus didorong untuk tanam dan tanam sebagai aksi nyata atau wujud dari kepedulian terhadap lingkungan”. (fince bataona)

No comment for Peduli Lingkungan, Paroki Kristus Raja Wangatoa Tanam Ribuan Anakan Cendana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *