Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Paslon Perseorangan di Lembata Butuh 7.241 Dukungan dari Lima Kecamatan

Paslon Perseorangan di Lembata Butuh 7.241 Dukungan dari Lima Kecamatan

(1130 Views) May 31, 2016 2:25 am | Published by | No comment
KPU Lembata

Komisioner KPU Lembata

LEWOLEBA,aksiterkini.com – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lembata yang akan bertarung dalam Pilkada 2017 dari jalur perseorangan, cukup mengumpulkan dukungan sebanyak 7,241 jiwa. Jumlah ini harus tersebar di lima (5) kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Lembata.

Jumkah tersebut, seperti dijelaskan anggota KPUD Lembata, Yusuf Maswari Paokuma, dihitung berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu terakhir yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. “Syarat dukungan tdk lagi berbasis pada jumlah penduduk tapi pada DPT Pemilu sebelumnya. Oleh karena DPT Pilpres Kabupaten Lembata sebanyak 72.403 maka 10% dari jumlah tersebut adalah 7.240,3 dibulatkan menjadi 7.241 jiwa. Jumlah ini harus tersebar lebih dari 50% jumlah kecamatan dan untuk Kabupaten Lembata dengan jumlah 9 kecamatan maka diperoleh angka 4,5 dibulatkan menjadi 5 kecamatan. Penduduk yang dapat memberikan dukungan adalah yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih,” papar Paokuma.

Dalam kegiatan sosialisasi mekanisme dan jadwal pelaksanaan tahapan penyerahan dukungan pemilih dan penelitian dukungan bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lembata tahun 2017 yang digelar KPUD Lembata, Senin (30/5), beberapa pimpinan dan sekretaris Parpol, bakal calon perseorangan, tokoh masyarakat, LSM dan pers hadir.

Selain memaparkan syarat jumlah dukungan, Paokuma juga memaparkan persyaratan tentang penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan juga penelitian administrasi dan faktual terhadap dokumen pasangan calon dan sejumlah hal teknis sehubungan dengan prosedur dan kelengkapan dokumen.

Sementara Charles Kia, anggota KPUD lainnya selain menyampaikan jadwal tahapan Pilkada Lembata 2017, mengatakan segala informasi tentang Pilkada bisa diakses melalui website KPU Lembata, selain itu bisa dibaca langsung pada papan pengumuman KPUD Lembata. “KPUD Lembata hanya eksekutor. Jika ada masalah terkait Pilkada, jangan demo tetapi menempuh prosedur agar secepatnya bisa diselesaikan,” ujarnya disambut tawa peserta.

Sementara anggota KPUD Bernabas Marak memaparkan materi penggunaan sistem informasi pencalonan dan format exel untuk formulir B.1 KWK bakal calon perseorangan.

Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati ketika membuka kegiatan menekankan pentingnya peran semua pihak dan seluruh masyarakat untuk menjadikan Pilkada Lembata menjadi berkuakitas. “Jadi bukan hanya KPUD tetapi kita semua. Dengan menjadi corong sosialisasi, masyarakat akan memahami regulasi dan semua hal yang berhubungan dengan Pilkada,” ujarnya.(ona)

Topik:
News:

No comment for Paslon Perseorangan di Lembata Butuh 7.241 Dukungan dari Lima Kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *