Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Pasangan Cabup dan Cawabup Bisa Dibatalkan

Pasangan Cabup dan Cawabup Bisa Dibatalkan

(973 Views) October 24, 2016 1:37 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Kendati sudah ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam keputusan KPU Kabupaten Lembata, nomor 25/Kpts.KPU-KAB.018.434047/X/2016, namun para calon bisa dibatalkan pencalonannya. “Jika Panwaslih merekomendasikan pembatalan calon karena terjadi pelanggaran administrasi, kami akan membatalkan. Termasuk juga soal batas dana kampanye yang tidak boleh melewati ketentuan dan aturan-aturan lain yang tidak bisa dilanggar.”

Demikian penegasan juru bicara KPU Lembata, Bernabas Marak menjawab wartawan dalam jumpa pers usai pleno penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Lembata 2017, Senin (24/10) sore.

Seperti ditulis aksiterkini.com sebelumnya, Panwaslih sudah mengeluarkan rekomendasi kepada KPU Lembata soal adanya pelanggaran yang dilakukan salah satu calon bupati, Eliaser Yentji Sunur. Namun sanksi yang diberikan tidak menyangkut pembatalan calon. Sehingga Yentji Sunur tetap ditetapkan sebagai calon bupati berpasangan dengan Dr. Thomas Ola, SE, MSi. Panwaslih sendiri masih melakukan konsultasi, apakah Yentji Sunur termasuk petahana atau bukan. Jika termasuk petahana, maka bisa saja Panwaslih merekomendasikan untuk memberikan sanksi pembatalan calon.

Dan, sesuai edaran KPU nomor: 573/KPU/X/2016 tertanggal 23 Oktober 2016 tentang Penjelasan Ketentuan Larangan Penggantian Pejabat dan/atau Penggunaan Wewenang oleh bakal calon berstatus Petahana, KPU wajib menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu.

Rapat pleno di aula KPUD dihadiri kelima pasangan calon bupati dan wakil bupati dan para tim sukses serta simpatisan masing-masing calon. Di halaman Kantor KPUD Lembata,  aparat keamanan, Brimob dan TNI nampak berjaga-jaga.

Dalam keputusannya dengan nomor: 25/Kpts.KPU-KAB.018.434047/X/2016, kelima pasangan calon yakni Tarsisia Hany Chandra-Linus Beseng, Eliaser Yentji Sunur- Thomas Ola, Herman Yosef Loli Wutun-Yohanes Vianey K. Burin, Lukas Witak-Ferdinandus Leu, Viktor Mado Watun-Muhamad Nasir Laode dan dinyatakan memenuhi syarat calon dan pencalonan dan ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lembata tahun 2017.(at02)

 

Topik:
News:

No comment for Pasangan Cabup dan Cawabup Bisa Dibatalkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *