Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Para Medik Kesehatan Hewan Lembata Lakukan Vaksin

Para Medik Kesehatan Hewan Lembata Lakukan Vaksin

(518 Views) February 28, 2017 3:58 am | Published by | No comment

Dua orang petugas medik kesehatan hewan yang sedang menjalankan tugas memvaksin ternak anjing dan babi. Juga, kucing.

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Dinas Peternakan Kabupaten menerjunkan sejumlah tim para medik kesehatan hewan untuk melakukan vaksinasi di Kecamatan Nubatukan. Vaksinasi terhadap anjing, kucing, kera untuk mencegah rabies dan babi untuk penyakit hog cholera tersebut, sudah dilakukan sejak kemarin di Kelurahan Lewoleba Timur dan hari ini, Selasa (28/2), di Kelurahan Selandoro. Kegiatan tersebut  akan berlangsung hingga tanggal 10 Maret 2017.

Seperti pantauan media ini, dua para medik, Nikolaus Olak Blolok dan Paulus Pati Namang , mendatangi setiap rumah warga yang memelihara binatang-binatang tersebut. Mereka lalu mendata dan melakukan vaksin.

“Satu tim dua orang. Dari kemarin di Kelurahan Lewoleba Timur, hari ini ada 9 tim di Kelurahan Selandoro dan besok di Kelurahan Lewoleba Tengah. Seterusnya ke kelurahan lain sampai tanggal 10 Maret,” ujar Paulus.

Di Lewoleba Timur, mereka sudah memberi suntikan vaksin pada  500 lebih ekor babi, 300 lebih ekor anjing, 20 an ekor kucing. “Informasi kegiatan seperti ini kadang-kadang tidak sampai ke warga meskipun surat pemberitahuan sudah disampaikan ke kelurahan. Akibatnya pemilik hewan tidak tahu soal ini. Rumah kosong saat didatangi. Padahal untuk melakukan vaksin harus atas sepengetahuan pemiliknya,” ujar Nikolaus.

Kesulitan tersebut, kata Nikolaus, juga ditambah dengan sulitnya memberi vaksin pada anjing. “Kalau tuan rumahnya ada tapi takut menjinakan anjing untuk disuntik, juga jadi kendala di lapangan. Kadang-kadang pemilik menolak hewan piaraannya misalnya babi divaksin karena sedang bunting atau siap untuk dibunuh,” ujarnya.

Berapa target yang mereka selesaikan sehari, keduanya mengatakan sangat tergantung pada kondisi di lapangan termasuk waktu vaksin yang tidak bisa dilakukan  saat panas karena kualitasnya sudah menurun.

Seperti diketahui, Lembata pernah mengalami KLB Hog Cholera tahun 2011 dan sampai saat ini belum dinyatakan bebas. Sedangkan rabies sejak 1992 dan terjadi KLB tahun 1997. Ini pun belum dinyatakan bebas oleh pihak berwenang.(fince bataona)

Topik:
News:

No comment for Para Medik Kesehatan Hewan Lembata Lakukan Vaksin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *