Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Panwaskab Apresiasi Dukungan Pemkab Flotim, Mulai Bentuk Panwascam

Panwaskab Apresiasi Dukungan Pemkab Flotim, Mulai Bentuk Panwascam

(1260 Views) July 7, 2016 12:26 am | Published by | No comment
rofin kopong3

Rofin Kopong Teron, SH

LARANTUKA, aksiterkini.com – Kendati saat proses seleksi sempat diwarnai polemik, Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Daerah dan Flores Timur (Flotim) mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Flotim. Kini, Panwaskab Flotim tengah melakukan sosialisasi perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Setelah ditetapkan dengan SK Bawaslu Provinsi NTT Nomor 02/KEP – Thn 2016, Panwaskab Flotim dibawa kendali Rofin Kopong Teron, SH telah mengambil sejumlah langkah kelembagaan. Antara lain, melakukan sowan ke KPU Flotim, Kapolres Flotim, Pemkab Flotim, Pimpinan DPRD Flotim dan Kajari Larantuka. Khusus Pemda dalam hal ini Bupati Flotim, kesempatan sowan ini dimanfaatkan untuk membicarakan soal anggaran dan kebutuhan kesekretariatan, menyangkut personil Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diperbantukan pada sekretariat Panwakab.

Demikian juga saat sowan ke DPRD Flotim. “Ketika menemui dua Wakil Ketua DPRD Flotim, Pak Matias Ena dan Pak Anton Hadjon, kami juga membicarakan hal yang sama, dengan maksud mendapat dukungan politik dari lembaga untuk mensuport Pemda dalam menyikapi kebutuhan Panwaskab,” jelas Ketua Panwaskab Flotim, Rofin Kopong Teron, SH.

Hasil sowan ternyata luar biasa. Ya, “Sowanan ke bupati ternyata mendapat respon proaktif dan dalam waktu dua hari setelah kami bertemu, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) langsung ditandatangani setelah kami berdiskusi dengan Kadis DPPKAD Flotim Ramli Bapa Laot untuk melihat bersama draft kebutuhan Panwaskab dan draft NPHD yang sudah didesain oleh DPPKAD,” ujarnya.

Diakui ada selisih antara konsep anggaran yang dibuat Bawaslu NTT dengan yang didesign DPPKAD. “Ya…. memang terdapat selisih yang cukup signifikan antara Kebutuhan Panwaskab yang sudah diajukan oleh Sekretariat Bawaslu NTT sebelum kami dilantik dengan Draft Anggaran yang disusun oleh DPPKAD. Tapi dengan memahami kemampuan APBD Flotim kami coba untuk menerima Alokasi Hibah yang ada untuk kemudian dalam perjalanan, kalau ada keterdesakan kebutuhan tambahan yang memang harus difasilitasi, saya berharap Pemda dapat menyetujui usulan adendum NPHD yang kami ajukan nanti,” kata Rofin Kopong.

Tapi memang ini satu hal yang luar biasa, menurut dia, ketika Kota Kupang dan Kabupaten Lembata belum ada kejelasan soal anggaran dan fasilitas kesekretariatan, Flotim justru dalam waktu tidak sampai satu minggu sudah terfasilitasi dengan baik oleh Pemda. “Saya menyampaikan terima kasih untuk Pak Bupati dan Pak Kadis PPKAD Flotim atas perhatian ini. Juga, untuk Kepala BKD dan Kabag Hukum yang tidak kalah proaktifnya dalam menyiapkan surat penunjukan bagi PNS yang diperbantukan ke Sekretariat Panwaskab sehingga untuk ditandatangani oleh Bupati. Saya merasa ini bentuk kepedulian atas nama tanggungjawab yang luar biasa,” ujar Rofin Kopong.

Dan sekarang waktunya untuk Panwaskab membentuk jaringan kerja di tingkat kecamatan untuk kepentingan pengawasan tahapan pemilihan di wilayah kecamatan. “Kami sudah melakukan persiapan awal dan sudah menyurati para Camat, Pastor Paroki dalam wilayah Keuskupan Larantuka, Pengurus Mesjid dan sejumlah Tokoh masyarakat guna meminta bantuan mengumumkan informasi Pendaftaran Seleksi Calon Anggota Panwascam melalui Corong Desa dan Mimbar Gereja/Mesjid. Dengan Harapan informasi Pendaftaran ini dapat diketahui publik secara luas agar semakin banyak yang mendaftar dan kita bisa memilih terbaik dari banyak yang baik yang mendaftar,” ujarnya.

Pendaftaran akan mulai dibuka pada tanggal 11 sampai dengan 17 Juli 2016 bertempat di Sekretariat Panwaskab Flotim beralamat di Jalan San Juan, Kelurahan Sarotari, Kecamatan Larantuka. Dibuka setiap hari dari pukul 08.00 s/d 16.00 Wita.

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat dan pemberkasan, dapat diperoleh di Sekretariat Panwaskab. “Kita berharap, proses ini berjalan tanpa hambatan agar pada tanggal 28 sampai dengan 29 Juli 2016 ini Panwascam sudah bisa dilantik dan dibimtek. Selanjutnya kita akan mendorong teman teman Panwascam untuk segera membentuk Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL). Mohon doa dan dukungan semua pihak agar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Flotim Periode ini dapat berlangsung secara baik dan benar untuk kemudian menjadi bersih dan bermartabat demi Lewotana kita,” ujarnya, menjelaskan.(fre)

Topik:
News:

No comment for Panwaskab Apresiasi Dukungan Pemkab Flotim, Mulai Bentuk Panwascam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.