Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » PAN Flotim Buka Pendaftaran Balon, Anton Hadjon dan Yosni Herin Mendaftar

PAN Flotim Buka Pendaftaran Balon, Anton Hadjon dan Yosni Herin Mendaftar

(2022 Views) May 28, 2016 3:18 pm | Published by | No comment

Utusan balon Drs. Muhammad Wongso diterima Ketua Panitia Yosef Kilat Krowin

LARANTUKA, aksiterkini.com—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Flores Timur (Flotim) resmi membuka pendaftaran bagi para bakal calon bupati (Bacabup) dan wakil bupati (Bacawabup) dalam terhitung sejak Senin (23/05) dan akan ditutup hari Selasa (31/05) dalam rangka menghadapi perhelatan Pilkada Flotim 2017.

Meski hanya mengantongi satu (1) kursi di DPRD Flotim, DPD PAN Flotim merasa perlu dan wajib membukakan pintu bagi putera dan puteri terbaik Flotim termasuk membangun koalisi bersama untuk memenangkan Pilkada Flotim 2017.

“Betul bahwa kami hanya memiliki satu kursi dan juga sadar bahwa sebelum revisi undang-undang Pilkada (2017) final, tak ada satu pun partai politik di Flotim yang bisa mendaftarkan pasangan calon (paslon) tanpa berkoalisi. Apalagi situasi kepastian mengenai calon yang telah diusung oleh beberapa partai besar, masih terus berproses dan belum menunjukkan titik akhir. Maka kami yakin PAN dengan satu kursi ini akan diminati,” kata Yosef Kilat Krowin, ketua Panitia Pilkada PAN Flotim kepada aksiterkini.com di Rumah PAN Sandominggo, Larantuka, Senin (23/05).

Menurutnya, pembukaan pendaftaran ini sesuai dengan Surat Keputusan DPP PAN Nomor: PAN/A/Kepts/KU-SJ/020/IV/2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (PILKADA) Partai Amanat Nasional. “Berdasarkan SK tersebut, seharusnya pendaftaran terjadi pada April 2016. Berhubung di bulan itu terjadi Musyawarah Daerah (Musda) PAN Flotim, untuk pemilihan pengurus baru, maka baru dapat dilaksanakan kini. Tapi kami yakin, kami belum terlambat,” katanya.

Berdasarkan pantauan aksiterkini.com di Rumah PAN, di hari pertama pembukaan tanggal 23 Mei 2016, tercatat sudah empat (4) bakal calon (Balon) yang telah mengambil formulir pendaftaran. Yakni: Antonius H. Gege Hadjon, ST (Ketua DPC PDI Perjuangan Flotim), Bernadus Beda Keda, M.Ap (Kadis PPO Flotim), Drs. Muhammad Wongso (pesiunan PNS), dan Drs. Marius Payong Paty (mantan Ketua DPRD Flotim).

Bahkan di hari yang sama (23/05) sekitar pukul 17:40 wita, Antonius Hadjon didampingi Sekretaris DPC PDIP Flotim Robert Rebon Kereta, S.Pd dan Wilem W. Koten, Wakil Ketua DPC PDIP Flotim, mengembalikan formulir pendaftaran disertai sejumlah persyaratan pendaftaran.  Hingga berita ini ditulis, telah terjadi penambahan beberapa nama, yaitu: Yoseph Lagadoni Herin (bupati Flotim), Kelemens Kesule Hala Kabelen (Sekretaris Dinas Kesehatan NTT) dan Johanes Bergmans Kromen (pensiunan BUMN). Dan, selain Anton Gege Hadjon, hanya Drs. Muhammad Wongso yang juga telah mengembalikan dokumen pendaftaran pada Rabu (28/05) sore.

“Pendaftaran di PAN, tidak dipungut biaya. Tetapi demi kelancaran proses penjaringan dan penyaringan bakal calon, kami memerlukan pengertian dari para balon. Sebab setelah pendaftaran, mekanisme yang akan ditempuh partai adalah melakukan survey internal ke berbagai pelosok Flotim untuk menangkap tingkat elektabilitas dan akseptabilitas balon yang telah mendaftar,” terang Kilat Krowin.

Selanjutnya, masih menurut Sekretaris Umum DPD PAN Flotim ini, PAN Flotim akan melakukan rapat pleno guna merampungkan data hasil survey sebelum diserahkan kepada Dewan Pimpinan (DPW) PAN NTT di Kupang.

“Tugas kami di Tim Lima (5), yaitu Panitia Pilkada hanya melakukan pendaftaran, hasilnya akan kami serahkan kepada DPD PAN Flotim yang kini diketuai Rofin Baga Kabelen, SH. Selanjutnya akan diteruskan ke DPP PAN di Jakarta. Tetapi, PAN Flotim bertekad untuk terlibat dalam kemenangan Pilkada 2017. Untuk itu, survey menjadi kata kunci bagi balon yang berpeluang. Meski keputusan rekomendasi calon partai, bukan kewenangan kami di Flotim,” tandas Krowin didampingi Sekretaris Panitia Aloysius P. W. Demoor dan anggota Rovinus Y. Hendrik. (rag)

 

Topik:
News:

No comment for PAN Flotim Buka Pendaftaran Balon, Anton Hadjon dan Yosni Herin Mendaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.