Menu Click to open Menus
Home » EKBIS » Pacu Produktivitas Petani, Pemkab Lembata Garap Pemasaran Komoditi

Pacu Produktivitas Petani, Pemkab Lembata Garap Pemasaran Komoditi

(536 Views) May 5, 2017 3:13 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksitekini.com – Pemerintah Kabupaten Lembata memilih fokus membudidaya sejumlah tanaman hortikultura, tanaman pangan dan perkebunan guna mendukung langkah pemerintah menghadirkan industri. Guna memacu produktivitas, pemerintah mulai menggandeng investor untuk membeli komoditi unggulan petani Lembata.

Kini pemerintah memulai program hormonisasi nenas guna menghindari penumpukan produksi nenas pada musim panen. Ditargetkan produksi hormonisasi nenas  tahun 2017 mencapai 20 ribu pohon yang tersebar di empat wilayah kecamatan.

Selain program harmonisasi nenas yang sudah berjalan, pemerintah Lembata juga menargetkan mandiri benih dengan memanfaatkan 100 Ha lahan di Edem, Desa Merdeka, Kecamatan Lebatukan, serta memacu kemandirian bawang merah.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lembata, Kanisius Tuaq kepada aksiterkini.com, Rabu (6/5), menjelaskan, serangkaian program sudah diluncurkan guna mendorong kesiapan industrialisasi di Lembata.

“Paradigma pertanian di bawah kendali saya beda. Kita fokus mengerahkan sumber daya yang ada guna mengurus komoditi dari hulu hingga ke hilir. Kalau dulu paradigma pertanian hanya memotivasi petani untuk menanam, sekarang pemerintah berusaha mengurus hingga pemasaran. Petani fokus pada peningkatan produksi,” ujar Plt Kadis Pertanian Lembata.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan yang kini menjadi PLT Kepala Dinas itu menjelaskan, dengan intervensi dana dari APBD II, pemerintah akan fokus memacu produktivitas tanaman komoditi hortikultura yakni nenas, bawang, mangga, pisang dan advokat. Sementara, komoditi tanaman pangan seperti jagung, padi, ubi kayu dan kacang tanah juga siap dikembangkan.

“Khusus kacang tanah, sudah ada investor yang akan mengambil hasil petani, kami akan mengelola hamparan di Tanjung Tuaq. Kalau komoditi perkebunan sudah banyak pengusaha yang urus, tetapi untuk tanaman hortikultura dan tanaman pangan belum ada yang urus pemasarannya. Titik inilah yang akan diambil oleh pemerintah,” ujar Kanisius.(san taum)

Topik: ,
News: ,

No comment for Pacu Produktivitas Petani, Pemkab Lembata Garap Pemasaran Komoditi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.